Others

ADIKSI

2019-11-14
Mendengar kata adiksi sebagian orang biasanya akan mengacu pada hal yang berbau negatif terutama jika dihubungkan dengan narkoba. Namun sebenarnya apa arti dari adiksi itu sendiri?

Adiksi dapat didefinisikan sebagai ketidakmampuan seseorang secara psikologis atau fisik untuk menghentikan konsumsi suatu obat-obatan, zat, kimia atau melakukan suatu aktivitas,  walaupun hal tersebut menyebabkan pengaruh buruk bagi psikologis dan fisik seseorang. Kondisi tersebut biasa dikenal dengan kecanduan.

Hal yang paling pertama perlu diingat adalah adiksi tidak selalu berhubungan dengan Narkoba. Seseorang bisa adiksi terhadap apa saja termasuk obat-obatan legal yang diberikan seorang dokter untuk membantu memperbaiki kondisi atau penyakit penderita. Sebagai contoh, tidak sedikit orang yang akhirnya kecanduan obat penenang atau penghilang rasa sakit yang berawal dari pengobatan penyakit atau kondisi seseorang. Di Amerika setidaknya ada 115 kasus kematian per hari yang diakibatkan dari penyalahgunaan obat-obatan. Salah satu contoh lain dari adiksi yaitu adiksi terhadap minum beralkohol. Kondisi yang dirasakan adalah merasa tidak dapat hidup dengan tenang jka tidak mengonsumsinya meskipun tubuhnya sudah tidak sanggup mencerna lebih banyak minuman beralkohol. Selain kondisi adiksi terhadap sesuatu yang dikonsumsi ternyata ada contoh adiksi psikilogis seperti adiksi bekerja. Kondisi yang dirasakan adalah seseorang kecanduan bekerja sehingga merasa mempunyai keharusan bekerja walaupun badan mereka sudah tidak sanggup lagi.

Melihat beberapa contoh di atas mungkin tidak sedikit orang yang berpikir mengapa para penderita sulit sekali untuk bisa berhenti dari adiksi? Agar lebih mengerti kesulitan seseorang untuk berhenti dari kebiasaan buruk tersebut sebaiknya kita perlu melihat terlebih dahulu ke kehidupan masing-masing. Dalam kehidupan pasti ada satu hal yang membuat kecanduan walaupun bagi sebagian besar orang bukanlah hal yang berbahaya. Salah satunya adalah seseorang yang sangat mencintai kopi sehingga kecanduan. Setidaknya bagi mereka dalam satu hari harus mengonsumsi satu gelas kopi. Efeknya jika tidak dilakukan maka mereka bisa gelisah seharian atau merasa ada yang kurang. Kemudian salah satu contoh adiksi yang umum dialami oleh orang Asia yaitu adiksi terhadap makanan atau minuman manis. Di Thailand diperkirakan satu orang dapat mengonsumsi 26 sendok teh gula dalam sehari. Bayangkan jika para adiksi tersebut dilarang untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis dalam sehari sudah pasti mereka tidak dapat berfungsi secara maksimal, marah-marah atau gelisah.

Begitulah perasaan sesorang yang kecanduan terhadap hal yang sebenarnya membahayakan untuk mereka dan tidak mudah untuk menghentikannya begitu saja. Lalu langkah apa yang bisa dilakukan untuk menghentikannya? Perawatan terhadap kecanduan atau adiksi adalah gabungan antara terapis perilaku, konsultasi, pengobatan dengan obat-obatan dan peralatan medis. Untuk mengatasi withdrawal atau sakau, seseorang dapat berkonsultasi dengan psikolog jika penyebab awal dari kecanduan ada hubunganya dengan masalah psikologis seperti depresi. Kemudian melalukan perawatan dan dukungan yang berkelanjutan untuk mencegah terjadinya relapse. Hal terpenting sebenarnya adalah para pecandu menyadari bahwa mereka mengalami kecanduan dan memiliki keinginan untuk berhenti. Kemudian menjauhi orang yang kecanduan dari lingkungan yang membuat kecanduan termasuk juga teman main dan komunitas. Terakhir yang paling penting adalah diperlukan dukungan penuh dari keluarga dan kerabat karena proses ini tentunya panjang dn tidak mudah.

Untuk kasus narkoba ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan jika keluarga atau orang terdekat kecanduan dengan narkoba yaitu pecandu akan selalu mencari dengan cara apapun. Biasanya pecandu tidak memperhatikan kebersihan tubuh mereka dan melakukan tindakan atau aktivitas yang beresiko tinggi. Untuk kondisi kecanduan yang lain, tanda-tanda yang perlu diperhatikan adalah pecandu biasanya tidak mau melakukan aktivitas yang tidak melibatkan hal yang membuat mereka kecanduan. Mereka pun tak segan untuk berkelahi jika menyangkut apa yang membuat mereka kecanduan tehalangi. Kata kunci agar pecandu bisa berhenti adalah jika mereka punya keinginan untuk berhenti, tetapi bukan berarti diam saja jika keluarga atau seseorang yang kita sayangi mengalami hal ini. Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah harus selalu mengingatkan bahaya dari hal tersebut serta selalu ada untuk mereka.

0 COMMENTS