Sex

AIDS Baru

2018-08-14
Beberapa tahun terakhir ini mulai terdengar penyakit Infeksi Menular Seksual baru yang penyebarannya jauh lebih cepat dibandingkan AIDS.

Pada tahun 1990-an, dunia digemparkan dengan penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) atau yang biasa dikenal dengan nama AIDS. Penyebaran penyakit ini sangat cepat dan luas. Ditambah lagi penyakit ini dapat menyebabkan kematian dan tidak dapat disembuhkan.

Kemudian pada beberapa tahun terakhir ini mulai terdengar penyakit Infeksi Menular Seksual baru yang penyebarannya jauh lebih cepat dibandingkan AIDS di era tahun 1990-an. Namun terdapat perbedaan dengan AIDS, karena penyakit ini tidak mematikan seperti penyakit AIDS.

Nama penyakit ini disebut dengan Human Papillomavirus (HPV) yang disebabkan oleh virus Human Papilloma. Virus ini dapat menyebabkan penyakit seksual seperti kutil kemaluan bahkan sampai penyakit yang  mematikan yaitu kanker serviks, anus dan tenggorokan. Penyebaran penyakit ini biasanya disebabkan oleh hubungan seksual khususnya bagi yang sering bergonta-ganti pasangan. Saat ini banyak masyarakat yang merasa tidak terlalu khawatir dengan penyakit ini, sedangkan penyakit ini tergolong mematikan. Pada dasarnya penyakit ini tidak memiliki gejala, oleh karena itu masih banyak orang yang tidak sadar dengan adanya penyakit ini. Alasan lainnya adalah untuk sebagian besar orang penyakit ini akan menghilang dengan sendirinya dan tidak menyebabkan efek apa-apa. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika penyakit ini tidak kunjung hilang dan justru menyebabkan penyakit lain seperti kanker.

Bagaimana cara pencegahannya? Hindari melakukan hubungan seksual dengan bergonta-ganti pasangan. Namun jika Anda aktif secara seksual, sebaiknya Anda menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom untuk mencegah penularan. Selain itu untuk seseorang yang belum mengidap penyakit ini namun ingin mencegahnya, vaksin merupakan cara yang tepat. Pemberian vaksin dapat diberikan kepada anak berusia 11-12 tahun atau usia yang belum aktif secara seksual.

Apa yang harus dilakukan jika seseorang sudah terjangkit virus ini? Meskipun tidak terlihat gejalanya, namun ada baiknya secara rutin melakukan check up untuk mencegah perkembangan dari penyakit ini seperti penyakit kanker atau penyakit seksual lainnya. Selain itu pastikan untuk berhubungan seksual dengan aman untuk mencegah penyebaran virus ini.

0 COMMENTS