Others

Alasan ABK Sering Menggigit & Mengkonsumsi Benda Yang Bukan Makanan

2021-09-29
Untuk para orangtua, khususnya orang tua dari anak-anak ABK melihat anak mereka seringkali menggigit atau bahkan mengkonsumsi barang-barang di rumah bukan lagi sesuatu yang aneh.

Pada umumnya, berbagai benda seperti tutup botol, kertas, penghapus & benda lainnya seringkali menjadi korban hasil gigitan atau bahkan ditelan oleh ABK, Jadi, penasaran gak kira-kira kenapa hal ini bisa terjadi? Alasannya bisa bermacam macam, mulai dari mereka merasakan kegelisahan sehingga mereka menggigit atau mengunyah benda-benda di rumah untuk menenangkan mereka. Banyak alasan dibalik hal ini, salah satunya karena mereka menyukai tekstur atau rasa benda-benda tersebut atau alasan lainnya yang mungkin belum diketahui.

Menurut para ahli, sekitar 40 % dari ABK termasuk remaja dengan kebutuhan khusus, seringkali mengalami masalah kegelisahan. Beberapa terapis yang memperhatikan pola tingkah laku ABK sering menggigit benda yang bukan makanan, karena mereka tidak bisa menenangkan diri mereka ketika mereka mengalami kegelisahan.Menurut para ahli, ada beberapa tanda-tanda yang patut diperhatikan untuk menentukkan mereka mengalami kegelisahan atau tidak. Kamu dapat mulai memperhatikan, apakah mereka selalu mengunyah atau menggigit benda tersebut dalam situasi atau waktu tertentu?

Sebagai contoh apakah mereka mulai mengunyah benda tersebut ketika mereka pulang sekolah? Jika iya, mungkin saja mereka gelisah ketika harus belajar di sekolah. Lalu, alasan kedua ABK menggigit benda yang bukan makanan dikarenakan mereka mencari rangsangan sensorik di mulut mereka. Nah, untuk mencari tahu apakah ABK mencari rangsangan sensorik pada mulut mereka atau tidak, ada beberapa tanda-tanda yang harus diperhatikan. Apakah ABK selalu mencari sesuatu dengan tangan mereka atau tangan mereka tidak bisa diam, apakah ABK termasuk tipikal hiperaktif? Jika ya, apakah mereka tertarik dengan aroma tertentu?

Kemudian yang perlu diperhatikan, apakah mereka gemar melihat rangsangan visual seperti senang melihat lampu atau merry go round?

Lalu, kamu bisa pantau juga, apakah mereka terlihat senang ketika mereka sedang mengunyah benda bukan makanan. Jika mereka menunjukan tanda-tanda ini kemungkinan mereka menggigit benda bukan makanan untuk memenuhi keinginan mereka, hanya untuk memenuhi rangsangan sensorik yang mereka cari. Alasan lainnya ABK mengunyah benda bukan makanan adalah mereka,  kemungkinan besar yakni ingin mencari perhatian orang tua mereka.

Menurut salah satu terapis seorang klien, mereka sering menelan batu baterai, tetapi ketika diselidiki lebih lanjut anak tersebut hanya menelan batu baterai sebelum sekolah & ternyata anak tersebut melakukan tindakan tersebut dikarenakan mereka ingin ikut bekerja bersama orang tuanya. Jadi, untuk membantu ABK dalam mengurangi kebiasaan ini terutama ketika mereka mengkonsumsi benda yang bahaya bagi mereka, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Tahap pertama, buatlah catatan ketika situasi tersebut terjadi, dengan begitu orang tua dapat mengetahui kapan ABK mulai mengkonsumsi barang yang bukan makanan sehingga dengan begitu orang tua dapat mengantisipasi agar ABK tidak menelan benda yang berbahaya buat mereka. Hal kedua, yang orang tua bisa lakukan adalah menjauhkan ABK dari daerah atau bagian rumah yang terdapat banyak benda. Sebagai contoh, jika ABK sering mengambil kertas dari lemari kerja untuk dikonsumsi, maka pastikan ruang kerja tersebut selalu dikunci.

Nah, ada satu cara agar ABK bisa mengkomunikasikan apa yang mereka inginkan, Satu terapis menggunakan sistem lampu merah. Untuk menjalankan sistem ini, orang tua akan memberikan gambar lampu merah berwarna kepada ABK. Pada saat ABK ingin mengkonsumsi benda yang bukan makanan, maka mereka akan menunjuk ke lampu merah & ketika ada hal yang mengganggu sehingga bisa membuat mereka gelisah maka mereka akan menunjuk kepada lampu kuning. Sistem ini dapat memberi tahu orang tua agar bisa melindungi ABK tidak mengkonsumsi benda yang bukan makanan. Menyediakan makanan dengan berbagai macam tekstur dapat membantu ABK untuk tidak mengkonsumsi benda yang bukan makanan.

Kamu bisa coba memberikan makanan seperti wortel & manisan yang terbuat dari buah untuk mendapatkan sensasi crunchy atau berikan makanan seperti yoghurt, milkshake & smoothies untuk mendapatkan sensasi makanan cair atau lengket. Memberikan mainan yang aman untuk dikunyah atau chew toys juga dapat melindungi anak-anak agar tidak mengkonsumsi benda yang bukan makanan. Jika dilihat memang banyak cara agar ABK tidak lagi mengkonsumsi benda yang mungkin berbahaya bagi mereka tetapi cara paling efektif untuk membantu ABK mengatasi masalah ini adalah mencari tahu kenapa masing-masing ABK melakukan tindakan tersebut bersama terapis & menerapkan cara yang paling efektif untuk ABK tersebut dikarenakan masalah masing-masing ABK tentunya berbeda.

0 COMMENTS