Food & Nutrition

Alternatif Yang Baik Untuk Gula

2019-02-13
Sebelum membicarakan beberapa alternatif yang baik untuk gula, pertanyaan yang harus kita tanyakan adalah kenapa tubuh kita membutuhkan gula?

Menurut Ahli gizi Kim Hoffmann “Semua badan kita membutuhkan gula (glucose) untuk menjalankan fungsi kerja, dimana di dalam pikiran saya kita semua harus mengkonsumsi gula, atau setidaknya makanan yang dapat berubah menjadi gula” (Why Your Body Need Sugar, Health24 website). Apakah ini berarti kita harus mengonsumsi gula sebanyak-banyaknya? Jawabannya adalah seperti banyak hal jika dikonsumsi secara moderasi atau level yang cukup akan berdampak positif pada tubuh.

Untuk mengetahui berapa banyak gula yang baik untuk dikonsumsi, ada baiknya kita mengerti apa yang dimaksud dengan “gula”. Gula disini bukanlah gula pasir yang biasa kita konsumsi walaupun gula pasir juga termasuk dalam kategori “gula”. Gula sebagai definisi adalah karbohidrat dasar yang bisa datang dalam berbagai macam bentuk. Beberapa bentuk gula antara lain adalah glucose (biasanya ada dalam buah dan jus buah), fructose (terdapat dalam gula dari tebu, sebagian buah - buahan dan madu), galactose (bersatu dengan glucose untuk membentuk lactose yang biasanya terdapat dalam produk susu).

Setelah kita mengetahui gula dalam berbagai macam bentuk, hal ini bisa kita jadikan dasar untuk mengetahui makananan apa yang baik untuk dikonsumsi dan menghasilkan gula optimal bagi tubuh. Pada dasarnya, gula natural dari buah – buahan, madu atau gula yang tidak diproses lebih baik dari gula buatan. Selain itu penting juga untuk diingat walaupun gula natural lebih baik daripada gula buatan, porsi gula yang kita konsumsi juga harus dijaga (Why Your Body Needs Sugar, Kim Hoffman).

Beberapa contoh gula yang baik antara lain adalah madu, dimana madu selain memberikan rasa manis seperti gula, madu juga membantu tubuh kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi. Maple syrup adalah contoh lain pengganti gula yang baik dimana sirup ini hampir sama sekali tidak mengalami proses atau natural, selain itu maple syrup juga banyak mengandung zat besi dan vitamin B yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Stevia adalah pengganti gula yang sekarang banyak dikonsumsi karena pemanis yang dihasilkan hampir tidak mengandung kalori dan jauh lebih manis dari gula proses, sehingga menjadikan kita tidak perlu menggunakan gula terlalu banyak (which is the healthiest sugar substitute, nutriouslife.com).

Setelah kita mengetahui semua pengganti gula yang baik, setiap orang wajib mempelajari substitusi gula atau gula yang baik bagi tubuh, mengonsumsi dengan kandungan yang baik serta mengatur jumlah gula yang dikonsumsi untuk tubuh kita.

0 COMMENTS