Mom & Kids

Mitos Penyebab Anak Gemuk

2017-02-07
Mitos penyebab anak gemuk - Anak yang nafsu makannya kurang membuat kita para orang tua merasa khawatir tentang bagaimana kebutuhan nutrisinya akan tercukupi dalam masa pertumbuhan.

Anak-anak cenderung memilih-milih makanan sehingga jika lauk pauk yang disajikan kurang cocok dengan seleranya, ia akan merasa enggan untuk makan. Jika sudah begini, kita sebagai orang tua yang akan kebingungan. Untuk itu, ketahui cara agar anak Anda bisa gemuk tapi tetap sehat dan juga mitos makanan yang dianggap sehat tetapi justru dapat memicu kegemukan pada anak.

Agar Anak Gemuk dan Sehat

Untuk membuat badan anak gemuk dan sehat, salah satu tips anak gemuk yang umum dilakukan oleh orang tua adalah memberikan penambah nafsu makan yang mengandung temulawak. Dengan begitu, anak akan lebih lahap menyantap makanan. Namun, perlu juga diperhatikan, agar tetap sehat, Anda juga harus memperhatikan asupan gizi yang diterimanya. Pastikan ia mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang seperti ikan, sayur, dan buah-buahan.

Lebih baik tidak mambiasakan anak untuk mengonsumsi junkfood. Junkfood memang bisa membuat anak gemuk, tetapi bukan gemuk yang sehat. Selain junkfood, makanan yang mengandung gula juga bisa memicu kegemukan yang tidak sehat pada anak. Perbanyak asupan sayur dan buah pada anak agar daya tahan tubuhnya meningkat sehingga anak pun semakin sehat.

Penting juga untuk memeriksakan kesehatan anak. Apakah Anda merasa anak sangat lahap makan tetapi berat badannya tak kunjung bertambah? Anda perlu mewaspadainya karena bisa jadi dia cacingan. Biasanya, perut anak akan terlihat lebih buncit dan malas beraktivitas. Segera beri ia obat cacing. Akan lebih baik jika Anda memberinya obat cacing setiap enam bulan sekali untuk melakukan pencegahan.

Makanan Ini Justu Memicu Kegemukan pada Anak

Banyak orang tua yang mengikuti berbagai tips agar anak gemuk dengan memberikan makanan-makanan tertentu yang dianggap sehat, tetapi justru sebaliknya. Berikut beberapa mitos makanan yang dapat memicu kegemukan pada anak.

Sereal

Sereal adalah solusi yang praktis untuk anak, terlebih rasanya pun manis dan gurih. Mungkin Anda akan tergiur dengan iklan yang menayangkan adanya vitamin dan zat gizi lain yang terkandung di dalamnya. Tahukah Anda bahwa sereal mengandung banyak gula sehingga bisa memicu obesitas pada anak? Memberikan sereal pada anak boleh-boleh saja, tetapi jangan setiap hari. Imbangi dengan asupan buah dan sayur.

Keripik Sayur

Jika anak suka makan camilan dan Anda berpikir camilan berupa keripik sayur lebih sehat daripada keripik kentang, Anda salah! Pada proses pembuatannya, serat dan nutrisi penting yang terkandung dalam sayuran telah berkurang sehingga manfaat yang bisa didapatkan pun hanya sedikit. Lebih baik beri anak Anda buah yang banyak mengandung serat. Selain itu, manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi buah secara langsung juga lebih banyak.

Jus Buah

Jangan berikan jus buah kemasan karena kurang baik untuk kesehatan anak. Buatlah sendiri jus buah untuk anak dengan gula yang tidak terlalu banyak. Anda bisa mangombinasikan dengan memberikan buah yang memiliki rasa manis, jadi tidak perlu menambahkan susu kental manis atau madu.

Membuat anak gemuk adalah dambaan setiap orang tua. Namun, harus diperhatikan bahwa walaupun tubuh anak gemuk, ia juga harus sehat, bukan gemuk yang obesitas. Agar anak gemuk dan sehat, perhatikan asupan nutrisi yang dimakannya dan kurangi porsi makanan yang sekiranya dapat memicu kegemukan yang tidak sehat. 

0 COMMENTS