Food & Nutrition

Apakah buah dan sayur dalam berbagai macam bentuknya baik untuk kita?

2021-06-24
Buah-buahan adalah salah satu makanan yang sangat penting dalam pola makan kita karena mengadung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh.

Pertanyaannya adalah dalam bentuk apakah yang dapat memberikan paling banyak keuntungan bagi tubuh kita? Sebab, dalam mengonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran kita bisa mengonsumsinya dalam bentuk aslinya, merebus atau menggorengnya, dijadikan jus seperti jus buah atau green juice, atau untuk buah-buahan bisa dikonsumsi sebagai hidangan penutup (dessert). Masing-masing bentuk yang sudah disebutkan sebelumnya mempunyai keuntungan dan bahkan malah ada yang tidak terlalu baik bagi tubuh kita.

Akhir-akhir ini banyak orang yang lebih suka mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan dalam bentuk aslinya. Menurut mereka jika dikonsumsi pada bentuk ini akan memberikan manfaat yang paling besar dikarenakan semua keuntungannya tidak hilang pada saat diproses lebih lanjut. Dasar klaim ini cukup masuk akal, tetapi yang sering orang lupa adalah sebagian besar buah-buahan mengandung gula yang cukup tinggi. Sementara, sebagian sayur jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan penyakit seperti jika mengonsumsi terlalu banyak bayam dapat menyebabkan asam urat. Jika ingin mengonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan mentah, pastikan dicuci dengan air bersih terlebih dahulu karena mungkin saja masih terdapat bahan kimia dari proses penanaman atau masih menempel kotoran yang tidak baik untuk kita.

Tren yang akhir-akhir ini juga cukup terkenal di kalangan mereka yang gemar olah raga dan diet adalah green juice, yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan diproses jus untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Argumen mereka adalah rasanya cukup enak dibandingkan harus mengonsumsi dalam bentuk aslinya serta disaat yang sama masih mendapatkan keuntungan nutrisi dan vitamin dari bahan-bahan tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah jika mengonsumsi dengan cara ini adalah jangan memasukkan terlalu banyak bahan lain seperti gula atau madu, ditambah lagi jangan menggunakan buah yang manis. Hal ini dikarenakan hampir semua buah mengandung gula, sehingga jika dikonsumsi dalam bentuk cair atau dalam bentuk jus maka kadar gula kita pun akan meningkat.

Pertanyaan terakhir yang mungkin perlu dibahas adalah bagaimana jika sayur-sayuran digoreng atau direbus? Atau buah-buahan dijadikan es buah atau hidangan penutup, maka masih adakah nutrisi atau vitamin yang berguna bagi tubuh kita? Jika makanan diproses terutama digoreng tentunya nutrisi serta vitamin dari bahan makanan tersebut agak berkurang, ditambah lagi jika digoreng maka sayuran tersebut akan mengandung lemak yang buruk. Jika buah-buahan dijadikan hidangan penutup maka makanan tersebut akan mengandung gula yang sangat tinggi dan ini tidak baik bagi tubuh kita.

Mengetahui hal ini maka apakah sebaiknya kita menjauhi sayur-sayuran dan buah-buahan yang sudah diproses? Jawabannya tidak semudah itu karena walaupun kandungan nutrisi dan vitamin sayur-sayuran dan buah-buahan berkurang, tetap saja makanan tersebut masih mengandung cukup banyak nutrisi dan vitamin. Hal ini sangat membantu bagi mereka yang tidak menyukai sayur-sayuran atau buah-buahan seperti anak-anak, karena dengan memberikan sayur-sayuran dan buah-buahan dengan rasa yang lebih enak atau menarik maka anak-anak pun akan belajar menyukainya. Bagi orang dewasa yang tidak menyukai sayur-sayuran dan buah-buahan pun secara tidak sadar akan mengonsumsi bahan tersebut serta mendapatkan khasiatnya.

0 COMMENTS