Others

Apakah Hujan Menyebabkan Flu?

2019-02-13
Sejak kecil kita pasti pernah mendengar kata “jangan hujan-hujanan nanti pilek” tetapi apakah hal ini benar berdasarkan fakta atau tidak?

Untuk mencari kebenarannya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah flu itu, penyebabnya dan perbedaannya dengan pilek (common cold). Influenza atau yang lebih dikenal dengan nama flu adalah penyakit disebabkan oleh virus influenza. Beberapa gejala umum yang diketahui berhubungan dengan flu antara lain adalah hidung tersumbat, pegal linu, batuk dan demam. Perbedaan flu dengan pilek terletak pada penyebab penyakit tersebut, dimana flu disebabkan oleh virus influenza sedangkan pilek disebabkan oleh virus jenis lain.  Dan biasanya efek penyakit influenza lebih berat dibandingkan dengan efek penyakit pilek.

Berdasarkan pembicaraan diatas kita dapat mengetahui bahwa yang menyebabkan flu adalah virus bukan faktor lain seperti hujan. Penularan biasanya melalui sistem pernafasan seseorang, seseorang akan tertular jika berada dalam radius sekitar 1 meter dari orang yang sedang terjangkit penyakit flu (William Schaffner, Vanderbelt University Department Of Preventive Medicine). Pertanyaan berikutnya, apabila hujan atau cuaca buruk tidak menyebabkan berkembangnya penyakit flu, kenapa pada bulan-bulan musim hujan atau cuaca buruk banyak dari kita yang terjangkit flu? Jawabannya ada pada cara penyakit flu tersebut menular.

Pada musim hujan atau cuaca buruk, pada umumnya seseorang enggan untuk keluar, sehingga banyak orang akan berada pada ruang tertutup di saat waktu yang bersamaan maka dari itu jika ada seseorang yang sedang terjangkit flu penularanya akan lebih cepat. Ditambah pada saat hujan yang datang tiba-tiba dalam perjalanan, seseorang pada umumnya akan mencari tempat berteduh yang sempit dan harus berdempetan sehingga penularan menjadi lebih mudah.

Orang-orang yang tertular ini akan membawa virus ke rumah dan menularkan kepada keluarga mereka. Untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi apa yang harus kita lakukan? Kita harus memastikan untuk selalu mencuci tangan, hindarkan terlalu sering memegang muka kita sendiri dan menjauhkan diri dari orang-orang yang mungkin terjangkit flu. Olahraga dan menjaga kesehatan diri juga dapat mencegah seseorang terjangkit flu. Dan terakhir yang bisa dilakukan adalah mendapatkan vaksinasi flu yang dapat melindungi kita setidaknya dari flu yang lebih parah (Kristina Duda, Verywell health website).

0 COMMENTS