Others

Apakah Itu Forest Bathing?

2021-02-23
Di masa pandemik ini dimana menjaga jarak sangatlah penting, banyak orang yang melakukan aktivitas di luar rumah.

Selain menjaga jarak, para ahli juga menyarankan untuk sering berjemur agar mengurangi risiko terjangkit COVID-19 atau setidaknya mengurangi gejalanya jika kita terpapar. Ditambah lagi jika kita melakukan olah raga di luar rumah kita akan mendapatkan manfaat dari olah raga ditambah manfaat yang kita terima dari berada di luar rumah. Sebetulnya keuntungan dari melakukan aktivitas di luar rumah sudah ada dan diketahui dari dahulu, tetapi dengan adanya pandemik ini kita diingatkan lagi pentingnya beraktivitas di luar rumah.

Pada tahun 2018 sebelum pandemi COVID-19 datang, diprediksikan pada tahun 2050 akan terdapat 66% dari populasi dunia yang tinggal di perkotaan atau beraktivitas di dalam gedung. Menurut studi yang dilaksanakan EPA di tahun 2018 diperkirakan 95 % dari orang America lebih suka berada di dalam gedung atau beraktivitas indoor. Metode beraktivitas di luar rumah atau outdoor sebetulnya sudah diterapkan oleh budaya Jepang yang dikenal dengan nama forest bathing atau shinrin yoku dalam bahasa Jepang. Metode ini pada dasarnya mengatakan bahwa berada di hutan atau di luar membawa banyak keuntungan. Sinar matahari dan udara segar memberikan rasa yang tenang sehingga mengurangi stres, kekhawatiran serta membuat kita lebih tenang untuk bisa berpikir lebih jernih.

Untuk melakukan metode ini sebetulnya sangat mudah, kita cukup berada di area terbuka. Akan lebih baik jika bisa di area seperti halnya taman, hutan atau area hijau lainnya. Selama berada di area ini resapilah suasana dan udaranya melalui semua panca indra kita. Carilah tempat yang nyaman di area hijau, tinggalkan semua alat komunikasi, lalu berjalanlah dan nikmati suasana alamnya. Dengarkan dan simak suara binatang serta perhatikan dengan seksama beragam pepohonan.

Beberapa hal lainya yang bisa kita lakukan selama menerapkan metode ini antara lain berjalan-jalanai sant, yoga, makan di hutan, mandi di kolam air panas (jika ada), melakukan senam taichi, terapi pernafasan, melukis atau memahat, dan masih banyak lagi. Pastikan setidaknya kita berada di area tersebut selama minimal 2 jam serta carilah tempat yang nyaman khusus untuk Anda.

0 COMMENTS