Others

Apakah Mengonsumsi Air Panas Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

2021-07-23
Memanaskan air untuk dikonsumsi ternyata diduga dapat meningkatkan metabolisme badan.

Sebetulnya pernyataan ini bukan suatu hal yang baru, karena di Indonesia pun sudah banyak yang melakukan serta mendukung pernyataan ini. Namun, apakah pernyataan ini ada benarnya? Jikalau pun benar, bagaimana cara bekerjanya?

Ketika seseorang mengonsumsi air hangat, temperatur di badan kita meningkat dan secara otomatis langsung mengaktifkan metabolisme tubuh sehingga lemak tubuh lebih cepat terbakar. Selain itu air hangat juga diduga dapat menghancurkan lemak tubuh menjadi molekul yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan tubuh. Mengonsumsi air hangat juga dapat menimbulkan rasa cepat kenyang sehingga kita tidak ingin mengonsumsi terlalu banyak makanan.

Disarankan untuk mendapatkan keuntungan dari mengonsumsi air hangat, seseorang harus mengonsumsi setidaknya 6–8 gelas air hangat dalam satu hari. Selain itu, jika ditambahkan madu atau lemon maka metabolisme tubuh kita akan lebih cepat bekerja. Selain diduga dapat menurunkan berat badan, ada beberapa keuntungan lainnya dari mengonsumsi air hangat. Mengurangkan konstipasi adalah salah satu keuntungan dari mengonsumsi air hangat karena air hangat membantu melunakkan tinja sehingga buang air besar menjadi lebih lancar dan mudah.

Mengonsumsi air hangat juga dapat menyembuhkan sakit tenggorokan karena air hangat dapat mengurangi phlem yang terbentuk pada saat kita sakit flu. Hal ini tentunya sangat berguna terutama di masa pandemi ini. Selain itu air hangat juga dapat membantu mengurangi hidung meler dan sesak dada. Mengeluarkan toksin tubuh adalah keuntungan berikutnya dari mengonsumsi air hangat. Air hangat juga membantu membersihkan serta menjaga kulit tubuh.

Hal penting yang perlu diingat adalah pernyataan-pernyataan ini belum terbukti secara ilmiah, tetapi tidak ada salahnya kita mengonsumsi air hangat. Atau setidaknya konsumsilah air secukupnya dalam satu hari untuk terhindar dari dehidrasi.

0 COMMENTS