Food & Nutrition

Apakah Orang Yang Hidup Dengan Autisme & Non Verbal Perlu Belajar Untuk Berbicara?

2021-04-21
Orang yang hidup dengan autisme keterbatasan wicara (non verbal) tidak bisa atau tidak mau berbicara.

Hal ini meyebabkan orang yang hidup dengan autisme kesulitan berkomunikasi sehingga tidak mudah bagi mereka untuk menyampaikan apa yang diinginkan atau mengungkapkan perasaan mereka. Untuk membantu orang yang hidup dengan autisme dengan keterbatasan wicara, terapis menggunakan metode baru sseperti AAC atau isyarat tangan. Menurut terapis yang memakai pendekatan ini, jika terapi hanya mengajarkan cara bicara saja terapinya akan menjadi tidak efektif. Hal ini dikarenakan mereka yang hidup dengan autisme non verbal tidak mengerti cara berkomunikasi sehingga metode bicara yang diajarkan terapis tidak masuk di nalar mereka.

Cara komunikasi yang dimengerti oleh orang yang hidup dengan autisme non verbal mungkin berbeda dengan orang normal (neurotypical). Banyak dari orang yang hidup dengan autisme non verbal menggunakan gestur, bahasa tubuh atau menggunakan cara lain selain berbicara untuk berkomunikasi. Menurut terapis yang menggunakan metode baru ini seharusnya terapis mulai berkomunikasi dulu dengan cara yang dimengerti oleh orang yang hidup dengan autisme non verbal, setelah itu baru memperkenalkan cara berkomunikasi baru yang dimengerti atau disukai oleh mereka.

Metode komunikasinya bisa dengan berbicara, menggunakan alat bantu bicara seperti tablet (AAC), bahasa isyarat, gambar serta berbagai metode lainnya. Metode ini banyak ditentang oleh orang tua dan beberapa kalangan terapis, alasannya adalah mereka takut jika orang yang hidup dengan autisme non verbal diajarkan metode ini maka mereka tidak mau atau tidak ada dorongan untuk belajar berbicara. Hal ini tentu saja dibantah oleh sebagian besar ahli dan terapis, menurut mereka dengan menggunakan metode ini bukan saja tidak menghalangi orang yang hidup dengan autisme non verbal untuk belajar berbicara tetapi juga membantu mereka untuk belajar bicara serta berkomunikasi dengan baik. Alasannya sangat sederhana, jika seorang terapis mengajarkan dengan cara yang dimengerti oleh orang yang hidup dengan autisme non verbal maka mereka akan lebih mengerti apa yang diajarkan. Ditambah lagi jika mereka mempunyai cara berkomunikasi yang dimengerti oleh orang normal (neurotypical) maka mereka bisa belajar berbicara dari menjalin hubungan dengan orang normal.

Menggunakan AAC seperti tablet untuk berbicara adalah salah satu metode yang relatif mudah dimengerti oleh orang normal serta orang yang hidup dengan autisme non verbal, yang mana menurut penelitian metode AAC ini memberikan efek yang positif pada keterampilan bicara dan perkembangan bahasa. Menggunakan alat bantu bicara seperti AAC juga bisa mengurangi frustrasi yang dialami oleh mereka yang hidup dengan autisme non verbal nantinya mereka tidak akan kesulitan lagi menyampaikan keinginan mereka.

0 COMMENTS