Others

Augmentive & Alternative Communication (AAC)

2021-01-25
AAC atau cara berkomunikasi alternatif termasuk bagian dari cara untuk mengungkapkan ide dan perasaan tanpa harus berbicara. Tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari kita sudah memakai AAC.

Kita menggunakan AAC ketika kita menggunakan ekspresi muka dan gestur untuk berkomunikasi. AAC ini sangat berguna bagi mereka yang kesulitan untuk berbicara atau mereka yang sulit membentuk kalimat yang Panjang, termasuk dalam hal ini yaitu autisme yang non-verbal.

Penggunaan AAC dapat membantu saat di sekolah, di tempat kerja dan di rumah bersama keluarga. Ada dua tipe AAC yaitu AAC tanpa bantuan serta AAC dengan bantuan, yang ingin menggunakannya bisa memilih untuk memakai satu tipe saja atau gabungan dari dua tipe AAC ini. Tipe AAC tanpa bantuan tidak memerlukan banyak hal kecuali tubuh kita saja. Beberapa contoh AAC tanpa bantuan seperti menggunakan gestur, bahasa tubuh, ekspresi muka serta bahasa isyarat. Untuk AAC dengan bantuan bisa menggunakan alat elektronik atau alat-alat lainnya untuk berkomunikasi.

Di dalam tipe AAC dengan bantuan terbagi menjadi dua tipe lagi. Tipe pertama adalah sistem AAC dasar (basic) dimana kita menggunakan alat sederhana untuk menerapkannya seperti menggunakan pena dan kertas atau menggunakan alat bantu seperti kartu flash card untuk berkomunikasi. Biasanya terapis akan mengajarkan mereka yang membutuhkan untuk menunjukkan huruf, kata atau gambar dengan kartu flash card untuk menyampaikan maksud mereka. Tipe kedua menggunakan alat elektronik canggih seperti telepon pintar, tablet atau komputer. Contoh penerapan metode ini adalah menyentuh gambar atau kata-kata di layar alat elektronik dan alat tersebut akan bicara mewakili kita. Jika ingin menggunakan metode ini di saat sekarang sangatlah mudah karena sudah banyak tersedia aplikasi yang siap digunakan, termasuk aplikasi gratis yang bisa diunduh bernama Pictalkids (bisa didapatkan di app store). Selain Bahasa Inggris terdapat berbagai pilihan bahasa lain di aplikasi ini yang bisa digunakan.

Sebelum menggunakan metode ini sebaiknya lakukan konsultasi dahulu dengan terapis wicara. Mereka akan terlebih dahulu menganalisis kemampuan seseorang dalam berkomunikasi, berbicara atau membentuk kalimat. Setelah mengetahui keperluannya maka terapis wicara akan menganjurkan tipe AAC yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ada beberapa orang yang mempertanyakan metode AAC ini terutama bagi keluarga orang yang hidup dengan autisme no- verbal. Hal yang mereka khawatirkan adalah jika mereka terbiasa dengan metode AAC maka mereka akan malas belajar bicara atau menghambat belajar bicara. Kekhawatiran ini sudah banyak dibantah oleh banyak ahli serta sudah terbukti tidak menghambat orang yang hidup dengan autisme untuk mulai belajar bicara. Justru dengan sistem AAC ini akan mempercepat mereka untuk belajar berkomunikasi dan belajar banyak hal lain yang mereka tidak bisa pelajari sebelumnya dikarenakan mereka tidak bisa bicara.

0 COMMENTS