Others

Bakteri Untuk Kesehatan

2017-12-04
Jika badan kita terinfeksi oleh bakteri maka akan menyebabkan penyakit. Namun akhir-akhir ini ditemukan bahwa ada bakteri yang berguna dan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Jika kita membaca judul di atas mungkin kita akan menganggap hal itu tidak wajar atau tidak logis. Pengertian yang kita ketahui selama ini yaitu jika badan kita terinfeksi oleh bakteri maka akan menyebabkan penyakit. Hal tersebut yang menjadikan bakteri seringkali dianggap negatif. Namun akhir-akhir ini ditemukan bahwa ada bakteri yang berguna dan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Bakteri tersebut dikenal dengan nama probiotik. Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain (sumber: Wikipedia). Dengan kata lain, bakteri “baik” ini memperbaiki fungsi tubuh kita. Penyakit yang paling banyak terbantu dengan adanya probiotik adalah yang berhubungan dengan perut, antara lain irritable bowel syndrome, radang usus besar, rada usus kecil, diare dan diare yang disebabkan oleh antibiotik.

Selain itu untuk beberapa kondisi seperti penyakit kulit, kesehatan urin, vagina, kesehatan gigi dan mulut juga terbantu dengan adanya probiotik (sumber: hello sehat.com). Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kemudahan dalam mendapatkan sumber probiotik untuk dikonsumsi sehari-hari menjadi faktor yang paling menarik. Sebagai contoh sumber probiotik baik yang mudah kita temui adalah yogurt, tempe, salad, dark chocolate dan susu kedelai (sumber: manfaat cara mengatasi.com).

Dengan semakin mudahnya mendapatkan sumber probiotik maka semakin banyak orang yang ingin merasakan khasiatnya. Kebanyakan orang yang mencoba mengonsumsi probiotik ini memberikan respon yang positif seperti tubuh terasa lebih sehat terutama untuk masalah pencernaan. Bahkan, di negara-negara maju semakin banyak orang yang rela mengonsumsi suplemen probiotik (konsentrat) agar mereka bisa lebih banyak merasakan efek positif pada tubuh mereka.

0 COMMENTS