Others

Belajar Bicara Lewat Gambar

2021-04-21
Pada saat pertama kali anak-anak belajar bicara, mereka belajar dengan cara mendengarkan suatu kata yang diucapkan dan mencoba mengaitkan kata tersebut dengan benda yang dimaksud.

Inilah mengapa sebagian besar anak-anak normal atau pun mereka yang hidup dengan autisme, belajar sesuatu melalui gambar lebih mudah dibandingkan dengan mendengarkan pembicaraan, membaca tulisan atau kalimat. Melalui gambar mereka bisa melihat suatu benda atau suatu aktivitas yang ingin diajarkan oleh orang tua, guru atau terapis. Cara ini pun sudah banyak diterapkan untuk anak-anak yang mulai belajar membaca atau mereka yang ingin belajar bahasa asing. Biasanya gambar akan disertai kalimat atau kata yang ingin diajarkan, ini biasa kita kenal dengan flash card.

Akhir-akhir ini cara yang sama mulai diperkenalkan untuk mereka yang hidup dengan autisme non verbal dalam membantu mereka belajar bicara atau setidaknya untuk bisa berkomunikasi. Anak yang hidup dengan autisme merasa sangat sulit untuk belajar bicara karena pembicaraan atau kata-kata yang disampaikan kepada mereka hanya terdengar seperti suara bising saja dan sangat mengganggu, sehingga mereka tidak bisa memproses apa yang diajarkan atau diucapkan. Hal ini biasa disebut dengan istilah Processing Issue. Kesulitan berkomunikasi ini akhirnya menghalangi anak yang hidup dengan autisme untuk menjalin hubungan sosial seperti percintaan atau pertemanan serta tidak bisa mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Para ahli memutuskan menggunakan gambar karena kebanyakan anak yang hidup dengan autisme lebih mengerti jika diajarkan lewat gambar. Dengan menggunakan gambar untuk mengajarkan komunikasi, anak yang hidup dengan autisme jadi bisa belajar berkomunikasi karena gambar tidak menghasilkan suara yang mengganggu mereka. Selain itu dengan menggunakan gambar untuk berkomunikasi neurotypical (orang normal) akan mengerti apa yang ingin disampaikan oleh anak yang hidup dengan autisme. Hal ini dapat membantu anak yang hidup dengan autisme untuk belajar ke tingkatan yang lebih tinggi dan menjalin hubungan sosial seperti pertemanan atau percintaan.

Masih menurut para ahli yang sama, dengan menggunakan gambar untuk berkomunikasi justru dapat membantu keahlian mereka dalam berbicara karena mereka bisa belajar keahlian atau pengetahuan yang diperlukan untuk belajar bicara yang mungkin sebelumnya tidak mungkin untuk mereka pelajari.

0 COMMENTS