Food & Nutrition

Benarkah Mengonsumsi Karbohidrat Di Pagi Hari Lebih Baik Untuk Menurunkan Berat Badan?

2019-03-25
Seringkali kita mendengar kalau sudah malam sebaiknya tidak mengonsumsi karbohidrat karena bisa memberikan kontribusi dalam kenaikkan berat badan kita, tetapi apakah hal ini ada benarnya?

Kalau memang ini benar apakah sebaiknya kita mengonsumsi karbohidrat di pagi hari? Menurut acara di BBC Earth “Trust Me I’m a Doctor”, para ahli melakukan eksperimen dimana semua orang dalam satu grup harus mengonsumsi lebih banyak karbohidrat di pagi hari selama beberapa minggu, setelah itu grup yang sama harus mengonsumsi lebih banyak karbohidrat di malam hari pada minggu berikutnya.

Selama eksperimen berlangsung, semua orang dalam grup tersebut diukur kandungan glukosa (gula) dalam darah mereka untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara mengonsumsi karbohidrat di malam hari atau pagi hari. Hasilnya cukup mengejutkan karena ditemukan bahwa kandungan glukosa pada saat grup tersebut mengonsumsi lebih banyak karbohidrat di malam hari, ternyata kandungan glukosa pada darah mereka justru menurun di level 10.1 dibandingkan di level 19.1 pada saat mereka mengonsumsi karbohidrat lebih banyak di pagi hari.

Temuan ini bukan berarti lebih baik untuk mengonsumsi karbohidrat di malam hari, melainkan menurut para ahli ini terjadi dikarenakan manusia sudah terbiasa mengonsumsi level karbohidrat yang sama untuk beraktivitas di pagi dan siang hari. Berapapun karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari, disaat seseorang mengganti pola konsumsi karbohidrat dari pagi menjadi malam hari, tubuh seseorang beradaptasi dengan keadaan ini. Ini menjelaskan alasan glukosa darah lebih rendah pada saat seseorang mengonsumsi lebih banyak karbohidrat di malam hari.

Temuan ini membuktikan bahwa tubuh kita akan memproses karbohidrat sesuai dengan kebutuhan dalam tubuh bukan pada waktu tertentu. Jadi, jika kita ingin mengurangi karbohidrat untuk tujuan mengurangi berat badan atau alasan kesehatan lainnya, yang harus kita kurangkan adalah jumlah karbohidrat yang kita konsumsi dalam satu hari. Namun, harus diingat seseorang tetap membutuhkan karbohidrat untuk bertahan hidup, jangan sampai kita terlalu mengurangi karbohidrat sampai merusak kesehatan kita.

0 COMMENTS