Others

Benarkah Stres Dapat Menyebabkan Darah Tinggi?

2021-02-23
Penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, terutama pada kaum pria.

Penyakit ini menyebabkan banyak kematian karena sering kali mereka yang terjangkit penyakit ini tidak mengetahui sampai sudah terlambat sehingga penyakit ini sering disebut sebagai “silent killer”. Penyebab darah tinggi beraneka ragam mulai dari faktor keturunan, pola makan, gaya hidup, indikasi masalah di salah satu bagian tubuh kita serta tingkat stres seseorang, dan beberapa yang lainnya. Untuk mencegah darah tinggi kebanyakan orang biasanya mengatur pola makan seperti mengurangi makanan yang berlemak atau makanan yang mengandung garam tinggi, tetapi masih sedikit sekali orang yang mengontrol tingkat stres untuk mencegah darah tinggi.

Tingkat stres seseorang dan darah tinggi berhubungan langsung dalam jangka pendek, dimana jika tingkat stres seseorang meningkat maka tekanan darah mereka pun akan meningkat. Jika hal ini tidak dijaga maka di jangka panjang pun tekanan darah mereka akan terganggu, walau sebelumnya mereka tidak pernah mengalami darah tinggi. Kita bisa melihat hubungan tingkat stres dan tekanan darah lebih jelas pada saat kita melakukan medical check up terutama bagi orang yang takut ke dokter. Pada saat seseorang melakukan pengecekan tekanan darah yang merupakan prosedur standar dari medical check up sering kali hasilnya ada yang lebih tinggi dari biasanya, umumnya dikarenakan mereka mengalami stres yang tidak mereka sadari.

Hal ini bisa terjadi karena pada saat seseorang mengalami stres, tubuh kita akan mengeluarkan hormon yang menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat dan vena darah menyempit sehingga tekanan darah kita meningkat tinggi. Reaksi ini adalah respon alami tubuh kita untuk siap menghadapi bahaya ketika kita dihadapkan dengan kondisi bahaya. Melihat fakta ini maka selain menjaga kebiasaan hidup serta pola makan yang baik, kesehatan mental juga penting untuk dijaga. Faktor pertama yang sering menyebabkan stres pada hidup seseorang adalah perkerjaan atau pada kasus mereka yang masih bersekolah adalah kegiatan di sekolah. Tuntutan hidup serta ambisi sering kali memaksa orang untuk bekerja berlebihan tanpa memperhatikan kesehatan fisik dan mental sehingga tidak jarang dari mereka yang mengalami penyakit darah tinggi. Untuk mereka yang masih bersekolah juga berisiko mengalami darah tinggi di jangka panjang karena masalah ini tidak mengenal umur. Bagi mereka yang masih bersekolah ekspektasi dari orang tua, sekolah serta tekanan untuk mendapatkan nilai yang bagus agar bisa mendapatkan perkerjaan yang dicita-citakan sering kali menimbulkan stres yang berlebihan. Tidak sedikit dari mereka mengalami mental break down, dimana pada kasus ekstrem sampai mengambil nyawa mereka sendiri.

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan stres yang luar biasa pada masyarakat di zaman ini adalah media sosial atau lebih tepatnya ekspektasi dari media sosial. Perlombaan di masyarakat untuk menjadi populer di media sosial dengan berlomba berebut views and likes menyebabkan stres yang luar biasa karena ekspektasinya sangat sulit untuk dicapai dan dipertahankan.

Seseorang yang mengalami Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit di tubuh kita, mulai dari penyakit jantung, stroke, ginjal serta penyakit berbahaya yang lainnya. Atas alasan ini maka sangat penting kiranya untuk menjaga agar darah tinggi itu tidak terjadi. Untuk mengurangi tingkat stres mungkin seseorang bisa mengurangi aktivitas yang menyebabkan stress, sebagai contoh pada saat bekerja sebaiknya membatasi aktivitas kerja di kantor saja dan tidak membawa masalah kantor ke rumah. Karena nanti di rumah kita harus fokuskan pada aktivitas yang bisa menenangkan kita.

Metode ini juga bisa diaplikasikan pada mereka yang bersekolah untuk mengalokasikan waktu belajar di rumah serta kerjakan pekerjaan rumah secara bertahap. Jika kita merasa pekerjaan atau pekerjaan rumah terlalu berat untuk kita maka tidak ada salahnya berkonsultasi dengan atasan atau guru agar dapat disesuaikan. Mengalokasikan waktu untuk media sosial juga proses yang penting untuk menjaga tingkat stres yaitu dengan cara membatasi waktu bermain dengan media sosial setiap harinya. Selain itu berolah raga dan meditasi juga cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stres dalam tubuh kita sehingga penyakit darah tinggi bisa dihindari.

0 COMMENTS