Fitness

Body Age

2018-08-14
Pernahkah Anda terkejut mengenai umur seseorang yang ternyata berbeda dengan kondisi tubuhnya?

Misalnya, seorang wanita terlihat seperti umur 20 tahun tapi ternyata telah berumur 50 tahun. Sebaliknya, seseorang berumur 20 tahun tapi karena gaya hidup yang kurang sehat sehingga ia terlihat seperti berumur 50 tahun.

Mengapa demikian? Hal tersebut terjadi dikarenakan pada umumnya manusia memiliki 2 umur yaitu umur chronological, dimana umur seseorang akan bertambah pada tanggal yang sama setiap tahunnya. Lalu yang kedua adalah umur badan (biological age) dimana umur tersebut dilihat dari seberapa sehatnya seseorang. Kenapa mengetahui umur badan seseorang itu penting? Karena semakin muda umur badan seseorang maka tubuhnya semakin sehat. Selain itu, bisa dikatakan orang tersebut kembali muda dibandingkan umur asli mereka.

Bagaimakah cara mengetahui umur badan seseorang? Untuk mengetahui hal ini seseorang harus melewati beberapa proses evaluasi antara lain, faktor resiko kesehatan seperti kebiasaan merokok atau mengkonsumsi narkoba, nutrisi seseorang, uji kekuatan secara statis dan dinamis, serta komposisi badan dan level kardio.

Setelah menguji semua faktor tersebut, maka akan diketahui berapakah umur badan seseorang pada saat itu. Anda ingin mengurangi umur badan? Jawaban mudahnya adalah dengan mengubah pola hidup seseorang menjadi lebih sehat seperti berhenti merokok, berolahraga, mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol dan makan secara teratur.

Dapat dikatakan bahwa olahraga merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi umur badan seseorang. BBC Earth telah membuktikan bahwa seseorang yang secara reguler bersepeda dapat mengurangi resiko serangan jantung sebesar 45%, mengurangi resiko kanker sebesar 41% dan mengurangi resiko kematian dini sebesar 42%. Sehingga dapat disimpulkan olahraga merupakan pilihan yang tepat untuk membantu menjaga atau mengurangi umur badan Anda.

Metode perhitungannya sebetulnya cukup mudah. Pada dasarnya jika kita melakukan kegiatan atau kebiasaan yang sehat untuk tubuh, maka hal itu akan mengurangi umur badan kita. Sebaliknya, jika kita melakukan kegiatan atau kebiasaan yang buruk bagi kesehatan maka akan menambah umur badan Anda. Kini semua kembali pada pilihan Anda, jika ingin memiliki tubuh sehat dan umur badan yang muda, Anda bisa memulai hidup sehat dari sekarang. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan jasmani tapi juga baik untuk kesehatan rohani.

0 COMMENTS