Psychology

Cara Mengatasi Kesendirian Setelah Kepergian Pasangan

2017-01-01
Cara mengatasi kesendirian setelah kepergian pasangan – Hari hari yang biasa dihabiskan dengan pasangan, momen suka dan duka yang dilalui bersama seakan membekas menjadi kenangan sejak kepergian pasangan.

Semuanya terasa berbeda karena Anda harus menjalani semuanya sendirian. Bersedih adalah hal yang wajar, tetapi jangan dibiarkan berlarut-larut karena tak baik untuk kondisi psikologis Anda. Mungkin Anda bingung bagaimana cara mengatasi kesendirian yang menimpa Anda. Ada baiknya Anda mencoba lakukan hal-hal berikut ini.

Cara Mengatasi Kesepian dan Kesendirian

  1. Menebarkan Kebaikan

Membantu tetangga, tersenyum ketika papasan dengan orang lain saat berlari pagi, atau jka ada ikutlah dalam kegiataan amal tertentu untuk berjumpa dengan orang-orang baru. Selain ini akan menambah pengalaman baru, juga akan membuat Anda  mengenal orang lain dan bertukar cerita, sehingga rasa kesepian pun akan perlahan menghilang.

  1. Memotivasi Diri Sendiri

Cara mengatasi kesepian dan kesendirian dimulai dari dalam diri sendiri. Jika memang Anda bertekad, maka semua akan lebih mudah. Cobalah untuk mengobrol dengan teman atau keluarga. Teman terdekat dan keluarga adalah sumber motivasi Anda. Mereka akan senantiasa menjadi semangat bagi Anda untuk terus melanjutkan hidup.

  1. Mulai Membuka Hati

Tak perlu merasa bersalah kalau Anda ingin menjalin hubungan baru dengan orang lain jika memang dirasa sudah siap. Hal ini bukan berarti Anda akan menggantikan posisi pasangan Anda di hati dengan orang yang baru. Tentu tidak. Masing-masing individu memiliki tempat spesial di hati Anda dan Anda juga tak boleh terus larut dalam kenangan masa lalu. Jika Anda memang merasa cocok dan nyaman dengan orang yang baru, maka tak ada salahnya untuk memulainya lagi dari awal, bukan?

  1. Mencoba Hal Baru dengan Orang Lain

Mencoba hal baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya akan membuat Anda merasa tertantang. Lakukan hal ini bersama komunitas tertentu. Tak harus hal baru, berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama lalu berdiskusi dan bertukar pikiran juga akan membuat Anda sedikit demi sedikit melupakan kesendirian.

 

Cara Mengatasi Kesendirian di Rumah

Biasanya, kenangan bersama pasangan akan semakin mudah terpikir kembali ketika Anda berada di rumah sendirian karena Anda pun mulai merasa sendiri dan kesepian. Hal ini memang menyedihkan, tetapi Anda  juga tak boleh menyerah pada keadaan. Mencari kesibukan tak hanya berhenti ketika Anda berada di luar saat berinteraksi dengan teman, tetapi di rumah juga perlu.

Anda bisa menonton acara televisi di channel favorit. Atau jika tidak suka, tantanglah diri Anda untuk membuat prakarya dan kerajinan tangan dengan melihat tutorial secara online. Bereksperimen dengan membuat kue atau hidangan baru, kemudian mengundang sanak saudara atau tetangga untuk menikmatinya bersama-sama juga bisa membuat Anda melupakan kesendirian.

Hindari kondisi menyendiri, karena akan memicu ingatan Anda kembali tentang pasangan. Ini bukan berarti Anda harus melupakan pasangan, tetapi semakin Anda mengingat maka akan semakin Anda tenggelam dalam kesedihan dan kesendirian, bukan? Oleh sebab itu, sibukkan diri dengan hal-hal menyenangkan yang bisa membangun mood Anda.

Tak perlu lagi meratapi nasib dan merenungi kesendirian hingga berlarut-larut. Anda juga perlu move on dan melanjutkan hidup. Dengan menyibukkan diri dan selalu melakukan hal-hal positif, Anda bisa menemukan kebahagiaan kembali. 

0 COMMENTS