Others

Celebral Palsy

2021-03-23
Celebral palsy adalah suatu kondisi yang sebagian besar orang sudah pernah mendengar tetapi kebanyakan tidak mengerti akan kondisi ini sebenarnya.

Celebral palsy adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kerusakan pada otak sehingga menyebabkan disabilitas pada kemampuan bergerak dan motorik pada anak-anak. Kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada anak laki-laki dibandingkan perempuan. Sebetulnya celebral palsy adalah gabungan dari beberapa gejala dan disabilitas. Beberapa contoh gejala atau disabilitas yang disebabkan oleh celebral palsy antara lain disabilitas berjalan dan bergerak, kesulitan bicara, kesulitan belajar, kemampuan kognitif terganggu, kehilangan kemampuan mendengar dan melihat, gangguan emosi dan perilaku, deformasi pada tulang belakang serta masalah pada persendian.

Seseorang yang hidup dengan celebral palsy bisa mengalami satu atau gabungan dari gejala yang sudah disebutkan sebelumnya secara bersamaan. Pada saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan kondisi celebral palsy tetapi terapi dan perawatan bisa sangat membantu. Lebih dari setengah anak yang didiagnosa dengan celebral palsy bisa berjalan sendiri tanpa bantuan jika mendapatkan terapi serta perawatan yang sesuai. Maka, sangat penting untuk sesegera mungkin mendapatkan terapi dan perawatan.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya kondisi ini terjadi dikarenakan kerusakan pada otak, dan ditengarai ada beberapa kemungkinan penyebab kerusakan pada otak. Perkembangan otak yang tidak baik di dalam kandungan merupakan salah satu penyebab kerusakan pada otak. Infeksi atau kondisi medis tertentu pada ibu yang sedang mengandung merupakan kemungkinan alasan lain terjadinya kerusakan otak pada anak-anak. Adanya sumbatan atau gangguan aliran darah kepada otak pada saat proses berkembang adalah satu alasan lain kenapa bisa terjadi kerusakan pada otak.

Faktor keturunan adalah satu lagi alasan kenapa kerusakan pada otak bisa terjadi. Memakai narkoba juga diketahui bisa menyebabkan kerusakan pada otak anak. Komplikasi pada saat melahirkan seperti kelahiran prematur atau kerusakan pada kepala bayi saat proses melahirkan juga diketahui dapat menyebabkan kerusakan otak pada anak. Hal terakhir yang penting untuk diperhatikan adalah dalam pemilihan dokter kandungan, karena kesalahan mereka juga dapat berkontribusi terjadinya kerusakan otak yang menyebabkan celebral palsy.

Ada 3 tipe celebral palsy yang perlu diketahui oleh masyarakat umum antara lain celebral palsy spastic dimana kerusakan otak menyebabkan jaringan otot anak meningkat sehingga mengalami keterlambatan perkembangan belajar berjalan, abnormal dalam berjalan atau bergerak, otot kaku dan spastik, kesulitan mengontrol pergerakan otot serta kesulitan untuk bergerak dari satu titik ke satu titik lainnya. Tipe kedua dari celebral palsy adalah spastic quadriplegia dimana kondisi ini mempengaruhi tubuh bagian atas dan bawah seorang anak sehingga mereka tidak dapat atau sulit bergerak. Tipe ketiga dari celebral palsy adalah spastic diplegia dimana kondisi ini mempengaruhi tubuh bagian bawah seorang anak sehingga mereka tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan. Biasanya seorang anak yang mengalami kondisi ini memerlukan alat bantu seperti tongkat atau kursi roda untuk bergerak.

Untuk seorang anak yang hidup dengan celebral palsy maka terapi atau perawatan tergantung kondisi dari anak tersebut, namun biasanya terapi yang diberikan adalah gabungan dari terapi fisik, terapi wicara, terapi okupasi dan terapi lainnya yang diperlukan anak tersebut. Untungnya bagi kebanyakan orang yang mengalami celebral palsy bisa hidup dengan normal terutama mereka yang mengalami gejala ringan. Bagi yang mengalami gejala lebih berat pun mereka bisa hidup normal walaupun mungkin akan memerlukan terapi dan bantuan seumur hidup mereka.

0 COMMENTS