Others

Deteksi Dini agar Selamat dari Kanker

2020-08-19
Kanker merupakan penyakit mematikan dengan angka kematian yang tinggi dan tidak mengenal umur, jenis kelamin atau ras. Siapapun bisa

Siapapun bisa terjangkit penyakit ini dan bisa timbul di area tubuh manapun. Penyakit ini mematikan dikarenakan sampai sekarang belum ada obat untuk menyembuhkannya. Hal inilah yang menjadikan masyarakat takut bahkan enggan untuk mendeteksi kanker sejak dini. Namun, dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, kemungkinan selamat dari penyakit ini lebih tinggi dibandingkan zaman sebelumnya.

Beberapa tipe kanker seperti kanker kulit, kanker testis, kanker prostat, kanker vagina dan kanker payudara jika ditemukan lebih awal maka kemungkinan seseorang selamat menjadi lebih tinggi. Sebagai contoh jika ada kelainan pada kulit seseorang yang mungkin dapat menyebabkan kanker, maka sebelum menyebar ke seluruh tubuh bagian kulit tersebut bisa diambil sehingga mencegah orang tersebut sakit keras atau meninggal akibat kanker. Untuk laki-laki, jika mereka dapat melakukan tes secara rutin pada bagian testis atau prostat, maka hal ini baik untuk mencegah timbulnya kanker pada bagian tubuh mereka sebelum terlambat.

Oleh karena itu, deteksi awal sangatlah penting dikarenakan semakin lama risiko kanker dideteksi maka semakin sulit juga untuk selamat dari kanker. Sebagai contoh, jika seseorang agak telat terdeteksi kanker prostatnya maka kemungkinan besar prostat mereka harus diangkat untuk mencegah penyebaran. Sedangkan jika ditemukan lebih awal maka dengan melakukan perawatan radiasi atau kemoterapi jaringan kanker dapat dihilangkan. Tidak hanya untuk pria, wanita juga sangat penting melakukan tes rutin untuk mendeteksi kelainan pada rahim, payudara atau vagina yang mungkin berisiko kanker. Jika risiko kanker pada vagina dapat dideteksi lebih awal maka perawatannya akan lebih mudah dan sangat kecil kemungkinan tersebar ke bagian rahim. Jika terlambat sedikit saja maka perawatannya jauh lebih menyakitkan. Perawatan yang dilakukan pada tahap ini mencakup kemoterapi pada jaringan kanker, radiasi dan pengambilan sel yang sudah dimatikan akibat kemoterapi dan radiasi. Bagi sebagian besar penderita, pengalaman tersebut digambarkan merupakan pengalaman paling menyakitkan dalam hidup mereka.

Selain tipe kanker yang sudah disebutkan di atas, tipe kanker lain seperti kanker paru-paru, mulut, hati, pankreas, dan lainnya jika ditemukan lebih dini maka kemungkinan selamat dan terhindar dari perawatan yang menyakitkan pun lebih tinggi. Untuk tes deteksi awal cukup dari tes darah atau yang biasa disebut dengan tumor marker. Jika ditemukan kelainan pada tes darah maka biasanya dokter akan menginstruksikan tes tambahan seperti mammogram untuk tes kanker payudara atau pemeriksaan fisik oleh dokter untuk mendeteksi kanker prostat.

Memang terkadang melakukan tes rutin merupakan proses yang mengerikan terutama jika ditemukan penyakit berbahaya seperti kanker. Namun, penting untuk diingat dengan melakukan deteksi dini maka Anda dapat berupaya untuk menyelamatkan hidup Anda. Selain itu, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan sistem perawatan yang baru maka proses perawatan semakin lama akan semakin mudah dan tidak menyakitkan seperti sebelumnya.

0 COMMENTS