Beauty

Cara Mudah Lakukan Detoks alami di Rumah

2017-01-05
5 cara mudah lakukan detoks di rumah - Sebenarnya, setiap hari hati dan ginjal Anda telah melakukan detoks tubuh alami. Kedua organ tersebut lah yang mengeliminasi bakteri dan zat-zat berbahaya lainnya melalui proses fisiologis normal.

Namun, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan proses detoks tersebut.

Beberapa di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini, 5 cara mudah lakukan detoks di rumah.

Melakukan Hidroterapi

Hidroterapi adalah bentuk terapi fisik yang dilakukan dengan berendam di dalam air hangat. Anda bisa melakukan hal ini apabila memiliki bathtub di rumah. Salah satu cara yang dapat Anda terapkan adalah dengan mengganti suhu air mandi setiap tiga puluh detik dari dingin ke panas hingga seterusnya. Mungkin terdengar sedikit merepotkan, tetapi air dingin akan membantu melancarkan stimulasi darah dan tubuh akan terasa lebih rileks berkat air panas.   

 

Makan Buah dan Sayuran yang Kaya Antioksidan

Makanan-makanan tertentu memiliki kandungan radikal bebas, yakni senyawa kimia yang dapat merusak sel tubuh Anda. Demi mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas tersebut, Anda perlu mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan, misalnya seperti blueberry, bayam, dan brokoli. Sebagai tambahan untuk antioksidan, apabila Anda ingin memiliki tubuh yang lebih sehat dan berenergi, sebaiknya Anda makan makanan kaya nutrisi yang berasal dari seluruh kelompok makanan. Artinya, Anda harus memasukkan berbagai sumber protein pada menu makanan Anda.

 

Mengusap Tubuh Sebelum Mandi

Aktivitas mandi memang mengharuskan Anda untuk mengusap tubuh ketika menggunakan sabun. Namun, jika ingin melakukan detoks tubuh alami, sebaiknya Anda juga mengusap tubuh yang kering dari ujung kaki hingga kepala sebelum mandi. Meski terkesan sepele, aktivitas ini ternyata mampu membantu Anda untuk mengaktifkan sistem limpa, melancarkan sirkulasi darah, dan memaksimalkan proses eliminasi racun dari tubuh.

 

Mengikis Lidah untuk Detoks Tubuh Alami

Anda tentu tahu betapa pentingnya menyikat gigi secara rutin sebanyak minimal dua kali dalam sehari. Namun, belum banyak orang yang menyadari bahwa kesehatan mulut tidak hanya mencakup gigi, tetapi juga gusi dan lidah. Khusus untuk lidah, Anda bisa mengikisnya setiap pagi hari sebagai cara detoks alami. Hal ini mampu membantu Anda mengenyahkan sisa bakteri dan racun dari malam sebelumnya. Tidak hanya untuk detoks, tentunya napas Anda pun akan lebih segar. Anda bisa membeli alat pengikis yang banyak dijual di pasaran.

 

Memenuhi Kebutuhan Tidur

Tidur merupakan aktivitas rutin harian yang dilakukan seluruh orang setiap malam. Namun, apakah Anda yakin bahwa Anda telah memenuhi kualitas dan kuantitas tidur sehari-hari? Hal tersebut sangat penting untuk membantu tubuh membersihkan dirinya sendiri. Meski begitu, jangan sampai terlalu banyak tidur juga karena Anda harus bangun pagi agar bisa mengeluarkan racun yang menumpuk secara tepat waktu melalui buang air besar atau buang air kecil.

 

Selain kelima cara di atas, jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Setidaknya minumlah delapan gelas air mineral dalam sehari agar terhindar dari dehidrasi dan membantu tubuh melakukan detoks. Selamat mencoba!

0 COMMENTS