Food & Nutrition

Diet Keto

2019-09-11
Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang diet keto?

Saat membaca judulnya, apakah Anda sudah pernah mendengar tentang diet keto? Diet keto kini sedang cukup populer diantara kalangan selebritas atau orang biasa. Diet keto merupakan salah satu diet dengan cara diet yang cukup unik. Seseorang hanya diperbolehkan atau didorong untuk mengonsumsi makanan berlemak sebanyak yang diinginkan.

Keto adalah singkatan dari kata Ketogenic diet dimana seseorang harus mengurangi konsumsi karbohidrat atau rendah karbohidrat dan konsumsi lemak tinggi. Hal tersebut menyebabkan tubuh seseorang memasuki proses metabolisme yang bernama ketosis.

Jika proses ini terjadi maka tubuh seseorang menjadi sangat  efisien dalam membakar lemak untuk energi sehingga dapat menurunkan berat badan. Selain itu, diet keto diklaim dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Ada 4 tipe atau 4 cara untuk melakukan keto diet ini:

  1. Standard Diet Keto (SDT)  -  Cara pertama seseorang mengonsumsi sangat rendah karbohidrat, mengurangi konsumsi protein dan konsumsi lemak yang tinggi.
  2. Cyclical Ketogenic Diet (CKD)  -  Diet dengan mengatur konsumsi lemak dan karbohidrat yang tinggi. Sebagai contoh pelaku diet dapat mengonsumsi karbohidrat yang tinggi selama 2 hari dan 5 hari pelaku hanya mengonsumsi lemak yang tinggi atau ketogenic.
  3. Targeted Ketogenic Diet (TKD) -  Seseorang tetap melakukan diet keto seperti biasa tetapi mereka diijinkan mengonsumsi karbohidrat berdekatan dengan saat olahraga. Bisa dilakukan sebelum atau sesudah olahraga.
  4. High Protein Ketogenic Diet -  Cara terakhir untuk melakukan diet keto, caranya agak mirip dengan SDT tetapi konsumsi protein lebih diperbanyak.

Dengan berbagai pilihan diet keto ini, Anda dapat memilih cara yang cocok dan tepat dengan masing-masing individu. Setelah mengetahui apa itu keto diet dan beberapa cara untuk melakukanya, berikut adalah beberapa contoh makanan atau minuman yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Makanan atau minuman yang sebaiknya dikonsumsi antara lain:

  • Daging (daging merah, ayam, dll), Ikan berlemak (salmon atau tuna), telur, mentega, krim, keju, kacang-kacangan, minyak yang sehat (olive oil), alpukat, macam-macam bumbu dan sayuran dengan tingkat karbohidrat rendah (tomat dan paprika).

Makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari pada saat melakukan diet keto antara lain:

  • Makanan atau minuman manis, makanan yang mengandung gandum (roti,pasta dan sereal), buah, umbi-umbiaan (kentang, wortel dan ubi), makanan rendah lemak atau makanan diet.

Lalu apakah efek positif dari diet keto tersebut?

Efek positifnya adalah membakar lemak cukup banyak sehingga menurukan tingkat kolesterol sekaligus dapat menurukan resiko penyakit jantung. Dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 karena kurangnya konsumsi gula. Beberapa keuntungan kesehatan lain dari diet keto yaitu diklaim dapat mengurangi resiko kanker, epilepsi dan jerawat.

Walaupun diet keto membawa banyak efek positif pada kesehatan, namun ada beberapa efek negatif pada kesehatan yang juga bisa terjadi. Efek negatif paling besar adalah dikarenakan pelaku diet keto mengurangi konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, maka seringkali banyak nutrisi yang berasal dari makanan tersebut tidak terasup oleh tubuh. Akibatnya adalah resiko penyakit jantung bisa meningkat dikarenakan nutrisi penting untuk jantung seperti potassium yang biasanya ada di buah seperti pisang akhirnya berkurang atau tidak ada sama sekali.

Efek lain yang mungkin tidak terlalu berbahaya adalah fase yang dikenal dengan nama Keto Flu. Biasanya seseorang dalam fase keto flu akan mengalami gejala seperti flu dan diikuti dengan badan yang lemas yang biasanya hanya berlangsung selama 1 minggu. Hal ini terjadi dikarenakan badan seseorang yang sedang diet keto membiasakan hidup dengan tingkat karbohidrat yang sangat rendah.

Penting untuk diingat, tujuan utama diet keto ini dikembangkan adalah untuk mengurangi efek epilepsi pada penderita, sehingga diet ini belum tentu cocok untuk semua orang. Jika seseorang ingin melakukan diet ini sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter atau ahli gizi.

Mari tentukan yang terbaik untuk diri Anda, jika ingin melakukan diet keto lakukan dengan baik dan benar sehingga efeknya bisa lebih maksimal terhadap tubuh, ya!

0 COMMENTS