Others

Efek Anemia Kepada Remaja dan Anak-anak

2021-08-18
Anemia adalah kondisi yang mana seseorang kekurangan darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup kepada sekujur tubuh. Diperkirakan ada sekitar 2 milyar orang yang mengalami kondisi ini di dunia.

Kondisi ini kebanyakan mempengaruhi wanita dibandingkan laki-laki, tetapi untuk anak muda kondisi ini lebih banyak mempengaruhi laki-laki dibandingkan wanita. Anak muda sangat rentan terhadap kondisi ini dikarenakan mereka dalam masa pertumbuhan dan memerlukan zat besi yang tinggi sehingga tidak sedikit dari mereka yang mengalami anemia dikarenakan kekurangan zat besi. Kondisi anemia patut diperhatikan karena ada beberapa resiko kesehatan yang dapat timbul. Pertama, pada anak-anak kondisi anemia bisa mempengaruhi pertumbuhan fisik dan mental mereka. Menurunnya sistem imun tubuh seseorang adalah salah satu akibat dari kondisi anemia terutama di masa COVID ini yang mana sistem immune tubuh sangat dibutuhkan untuk melawan virus COVID.

Pada saat orang sedang hamil mereka memerlukan zat besi yang tinggi, jika mereka tidak mendapatkan zat besi yang dibutuhkan dan mengalami kondisi anemia hal tersebut bisa mengganggu kehamilan mereka. Ditemukan oleh para ahli jika seseorang mengalami anemia pada saat hamil bisa menyebabkan kelahiran prematur, berat bayi kurang, sampai bisa menyebabkan akibat serius seperti kematian bayi atau ibu yang mengandung. Mengingat seriusnya resiko dari anemia ada beberapa langkah yang bisa diambil. Mengurangi jumlah kehamilan yang tidak diinginkan atau di luar nikah dapat mencegah resiko kematian ibu atau bayi akibat anemia. Alasannya adalah saat seseorang hamil yang tidak diinginkan , mereka tidak ingin orang tahu dan tidak sedikit dari mereka yang tidak berkonsultasi dengan dokter sehingga jika mereka mengalami anemia pada saat kehamilan, mereka tidak akan mengetahuinya.

Edukasi dan memotivasi anak-anak muda untuk memperhatikan nutrisi di sekolah adalah langkah berikutnya untuk mengurangi kondisi anemia pada anak-anak muda. Meningkatkan konsumsi zat besi melalui makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti daging merah dan sayur bayam dapat mencegah seseorang mengalami kondisi anemia. Mengonsumsi suplemen zat besi atau vitamin yang mengandung zat besi juga dapat membantu mencegah kondisi anemia. Pada beberapa kasus, anemia bisa terjadi akibat dari parasit yang menyebabkan pendarahan di dalam tubuh dan sering kali tidak diketahui oleh orang yang mengalami kondisi ini. Selain itu pendarahan bisa disebabkan oleh efek aborsi atau perawatan sehabis kehamilan yang tidak benar sehingga mereka bisa mengalami anemia tanpa diketahui. Untuk mencegah agar hal ini terjadi sangatlah penting untuk selalu berkomunikasi dan melakukan pemeriksaan secara berkala dengan dokter.

 

0 COMMENTS