Food & Nutrition

Fakta Tentang Hati (Liver) Hewan yang Tidak Diketahui

2018-10-11
Alam semesta ini telah dikarunai begitu banyak jenis hewan, baik yang dapat dikonsumsi atau yang tidak bisa dikonsumsi secara umum.

Tak hanya untuk dinikmati, namun hewan yang selama ini dikonsumsi juga memiliki manfaat yang berbeda-beda dari setiap bagian tubuhnya. Salah satunya adalah organ hati. Kebanyakan orang beranggapan bahwa hati merupakan bagian jeroan (bagian tubuh dalam hewan) yang kurang sehat untuk dikonsumsi dan mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Walaupun demikian, hati sebenarnya memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Karena memiliki kandungan yang kaya akan protein, rendah kalori dan mengandung mineral dan vitamin yang tinggi.

Hasil dari penelitian beberapa waktu lalu menyatakan bahwa level kolesterol yang tinggi ternyata tidak menyebabkan risiko penyakit jantung secara langsung. Sedangkan orang yang berisiko tinggi adalah orang yang sensitif terhadap makanan berkolesterol. Hal itulah yang menyebabkan meningkatnya kolesterol dalam tubuh dan berisiko terkena penyakit jantung. Dari penelitian terakhir diperkirakan hanya ¼ dari populasi dunia yang tergolong dalam kategori ini (healthline.com).

Dengan melihat hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya hati hewan memiliki banyak keuntungan dibandingkan dari kekurangannya. Salah satu keuntungan paling besar dari mengkonsumsi hati adalah kandungan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan daging lain yang memiliki jumlah nutrisi cukup padat. Sebagai contoh, jika membandingkan hati dengan daging sirloin dan daging domba yang memiliki berat yang sama yaitu 100 gram, hati hanya mengandung 175 kalori dengan kandungan lemak yang sangat rendah. Sedangkan daging lain mengandung 200 kalori dan mengandung lemak lebih tinggi. Hal inilah yang menjadikan hati bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diet.

Tips bagi Anda yang tidak menyukai rasa dari hati tetapi ingin mendapatkan manfaat dari hati, kini ada banyak cara untuk mengolah hati menjadi santapan yang lebih menggugah. Salah satunya yaitu mencampur hati dengan daging cincang untuk membuat burger atau spaghetti. Sehingga Anda dapat menikmatinya tanpa perlu khawatir lagi. Selamat mencoba!

0 COMMENTS