Mom & Kids

Mengajarkan Gaya Hidup Sehat Kepada Anak

2016-10-04
Mengajarkan Gaya Hidup Sehat Kepada Anak - Mengatur gaya hidup sehat mungkin mudah bagi diri Anda sendiri. Namun, bagaimana dengan mengatur gaya hidup sehat kepada anak?

Seperti yang kita tahu, tidak mudah menyuruh anak untuk mematuhi sesuatu. Padahal, anak-anak sangat rentan akan penyakit. Bila Anda tidak menerapkan cara gaya hidup sehat, bukan tidak mungkin anak-anak Anda akan sering terserang penyakit. Lalu bagaimana cara kita mengajarkan gaya hidup sehat kepada anak?

Tips gaya hidup sehat untuk anak 

Membiasakan anak untuk hidup sehat sebenarnya susah-susah gampang. Butuh ketelatenan untuk menerapkan segala sesuatunya. Berikut ini adalah tips gaya hidup sehat untuk anak yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua sadar kesehatan.

  • Jadilah contoh yang baik – Anak-anak adalah peniru yang baik. Oleh karenanya, jadilah contoh yang baik bagi anak. Anda tak perlu berusaha sempurna setiap saat. Cukup perlihatkan bahwa Anda makan teratur serta bergerak secara aktif. Dengan demikian, Anda memberikan pesan bahwa kesehatan penting untuk semua anggota keluarga.
  • Tetap usahakan setiap hal adalah positif – Anak tentu tidak ingin mendengar apa yang tidak boleh mereka lakukan, sebaliknya katakan yang dapat mereka lakukan. Anak juga suka bila disanjung ketika selesai melakukan sesuatu. Lakukan hal tersebut sebagai salah satu cara membangun kebiasaan pola gaya hidup sehat.
  • Ajak semua anggota keluarga bergerak – Rencanakan untuk melakukan kegiatan bersama keluarga. Kegiatan-kegiatan sederhana seperti berolahraga bersama, bersepeda, berenang, berkebun, atau permainan petak umpet di luar ruangan dapat jadi pilihan. Apapun kegiatannya, yang penting semua anggota keluarga sama-sama bergerak.
  • Batasi TV, video game, dan komputer – Segala jenis peralatan elektronik, termasuk ponsel, sebaiknya dibatasi penggunaannya. Kebiasaan menggunakan alat elektronik mampu menciptakan gaya hidup tidak sehat yang mampu meningkatkan risiko obesitas serta penyakit jantung. Batasi penggunaan semua alat elektronik setidaknya dua jam dalam sehari. Anda juga harus berkomitmen untuk melakukannya agar anak tidak merasa iri.
  • Dukung kegiatan fisik yang mereka suka – Setiap anak memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Biarkan anak Anda untuk bereksperimen dengan hal yang berbeda-beda hingga mereka menemukan sesuatu yang mereka sukai. Mereka akan betah melakukan aktivitas tersebut sehingga mau berlama-lama melakukannya.
  • Pilihlah hadiah yang sehat – Orang tua sering kali memberikan hadiah kepada anaknya ketika anak meraih prestasi gemilang. Hal ini sebenarnya bagus bagi perkembangannya, namun sayang pemilihan hadiah cenderung tidak sehat. Makanan manis, TV, bahkan video games justru malah menjerumuskan mereka ke dalam kebiasaan kurang sehat. Oleh karenanya, pilih hadiah yang menyehatkan, misalnya berenang ke kolam renang favorit atau mungkin sepeda.
  • Pastikan untuk selalu makan malam bersama – Ketika setiap anggota keluarga duduk dan makan bersama, tentu tidak ada kesempatan bagi anak untuk mengonsumsi makana yang tidak sehat. Libatkan anak dalam memilih dan menyiapkan makan malam agar dia mau turut dalam makan malam bersama. Selain itu, Anda dan setiap anggota keluarga jadi memiliki quality time bersama.

Itulah beberapa tips gaya hidup sehat yang dapat Anda terapkan bersama anak. Membangun kebiasaan gaya hidup sehat bersama anak akan membantu Anda juga dalam membiasakan kebiasaan yang sama. Dengan demikian, semua orang di rumah akan semakin sehat.

0 COMMENTS