Fitness

Perbaiki Postur Tubuh Dengan Gerakan Yoga untuk pemula Berikut

2016-12-23
Perbaiki postur tubuh dengan gerakan yoga untuk pemula berikut - Yoga, yang kini telah menjadi salah satu bentuk olahraga yang banyak diminati sebenarnya sudah ada sejak dua ribu tahun silam sebelum masehi.

Tak seperti olahraga pada umumnya, yoga tidak terlalu memerlukan kekuatan fisik yang berat, tetapi memadukan gerakan tubuh dan konsentrasi. Jadi, selain membuat tubuh rileks, yoga juga dapat menyegarkan kembali pikiran Anda yang sedang jenuh. Ada banyak sekali gerakan yoga yang bisa Anda coba, tetapi untuk Anda yang pemula dan ingin memperbaiki postur tubuh, bisa mencoba gerakan dasar yoga untuk pemula berikut ini.

Sphinx Pose,  Gerakan Dasar Yoga untuk Pemula yang Paling Mudah 

Contoh gerakan yoga untuk pemula yang satu ini adalah yang paling sederhana dan tidak seberapa memerlukan energi hingga membuat napas Anda tersengal-sengal.

  1. Tengkurap di atas matras dengan posisi tubuh yang lurus, tangan diletakkan di samping.
  2. Angkat bagian tubuh ke atas dan posisikan siku membentuk sudut sembilan puluh derajat.
  3. Tarik dada ke atas dan luruskan hingga dada dan lantai membentuk sudut sembilan puluh derajat. Kepala tegak lurus menghadap ke depan.
  4. Tekan pinggul hingga menyentuh lantai.
  5. Dengan posisi ini tarik napas dalam-dalam dan perlahan sebanyak tujuh hingga sepuluh kali.

Locust

Gerakan yoga untuk pemula yang sedikit lebih susah dibandingkan Sphinx Pose adalah Locust.

  1. Posisi badan tengkurap di atas matras, kaki lurus rapat dengan kedua jempol kaki saling bertemu.
  2. Tangan lurus ke belakang dan menutup rapat. Posisikan kepalan kedua tangan ini tepat di atas bokong.
  3. Dengan menarik napas dalam-dalam, angkat bagian tubuh atas (kepala hingga dada) ke atas, di waktu yang bersamaan kedua kaki juga diangkat tetapi masih dalam posisi keduanya menutup rapat.
  4. Tahan posisi dan coba untuk bernafas dalam-dalam sebanyak tujuh hingga sepuluh kali.
  5. Bagi pemula, mungkin kaki dan bagian atas tubuh akan terjatuh seketika bahkan di tarikan napas yang pertama, tidak masalah! Jangan berputus asa dan teruslah mencoba.

Bow Pose

Kurang merasa tertantang dengan dua pose di atas? Coba Bow Pose. Gerakan senam yoga untuk pemula yang satu ini ini bisa menarik otot punggung yang kaku, jadi cocok untuk Anda yang sehari-hari bekerja duduk di depan layar komputer.

  1. Tubuh siap di aatas matras dengan posisi tengkurap.
  2. Tarik kedua kaki dengan kedua tangan dari samping lalu arahkan ke atas. Posisikan tangan memegang pergelangan kaki.
  3. Lutut membentuk sudut sembilan puluh derajat.
  4. Angkat kepala hingga perut ke atas dengan posisi tangan masih menarik pergelangan kaki.
  5. Jika Anda mengikuti instruksi dengan benar, maka tubuh Anda akan membentuk menyerupai huruf U dalam pose ini.
  6. Tahan posisi ini dan tarik nafas dalam-dalam sebanyak sepuluh kali.

Ketiga posisi yoga di atas relatif mudah dilakukan, khususnya bagi para pemula. Selain bisa memperbaiki postur tubuh, otot menjadi rileks, gerakan-gerakan tersebut bisa melatih konsentrasi Anda. Lakukan yoga di tempat yang tenang sehingga Anda bisa memusatkan pikiran. Perhatikan baik-baik gambar gerakan yoga untuk pemula agar tidak salah melakukannya dan malah menyebabkan cedera.

0 COMMENTS