Food & Nutrition

Hal-hal yang Memperlancar Pergerakan Usus

2018-08-14
Usus merupakan organ dalam tubuh yang memiliki fungsi penting untuk pencernaan. Jika gerakan usus seseorang lancar maka semua zat-zat yang tidak baik dalam tubuh akan dikeluarkan dengan baik.

Menjaga tubuh untuk selalu sehat sudah pasti menjadi keharusan bagi setiap manusia. Tidak hanya sekadar menjaga, tapi juga sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa sajakah yang sebaiknya harus kita perhatikan. Salah satunya adalah pentingnya memperlancar pergerakan usus. Usus merupakan organ dalam tubuh yang memiliki fungsi penting untuk pencernaan. Jika gerakan usus seseorang lancar maka semua zat-zat yang tidak baik dalam tubuh akan dikeluarkan dengan baik. Hal tersebut tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Untuk mendapatkan pergerakan usus yang sehat, penting bagi kita untuk mengetahui ciri-cirinya. Pergerakan usus sehat pada dasarnya adalah pengerakan usus yang seimbang, dimana seseorang tidak terlalu sering mengalami diare atau mengalami konstipasi.

Untuk mendapatkan pengerakan usus yang ideal, diperlukan pola makan yang seimbang. Pada umumnya manusia akan cenderung lebih banyak hanya mengonsumsi daging, sayur atau buah-buahan saja. Sedangkan jika seseorang hanya mengonsumsi terlalu banyak daging tanpa disertai sayur-sayuran dan buah-buahan yang cukup, maka tidak ada yang merangsang pergerakan usus. Bakteri atau zat-zat yang tidak baik pun tidak dapat keluar karena kurangnya serat.

Sebaliknya, jika kita terlalu banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan tanpa mengonsumsi cukup daging, maka akan mengakibatkan konstipasi. Karena kandungan nutrisi dan lemak yang baik pada daging dibutuhkan untuk menghancurkan serat yang berlebih. Selain itu berfungsi juga sebagai lubrikasi untuk membantu buang air besar. (happyhappyvegan.com).

Mari biasakan untuk menjaga pola  makan yang seimbang untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

0 COMMENTS