Psychology

Tanda Kehancuran Hubungan Pasangan Posesif

2017-01-02
Tanda kehancuran hubungan pasangan posesif - Rasa cemburu dalam menjalin hubungan adalah hal wajar, tetapi bagaimana jika cemburu berlebihan? Individu yang posesif relatif lebih mudah merasa cemburu terhadap pasangannya.

Tingkat posesif setiap orang pun berbeda-beda. Ada yang hanya sebatas menunjukkan kecemburuan dan ada pula yang sampai memonitor apa yang dilakukan oleh pasangannya.

Ketahui sikap posesif pasangan yang menjadi tanda-tanda bahwa hubungan yang Anda alami sudah tidak lagi sehat.

Pasangan Kurang Menghargai Anda

Adalah hal yang umum terjadi jika pasangan Anda yang posesif berkata hal-hal yang tidak menyenangkan terhadap Anda bahkan menghina. Ini dilakukannya untuk merusak rasa percaya diri Anda sehingga Anda pun berpikir akan sulit untuk mendapatkan pasangan pengganti dirinya. Jika Anda merasa pasangan mulai menginjak-injak dan membuat Anda kehilangan harga diri, segeralah bangkit dari keterpurukan.

Mudah Marah

Individu yang posesif mudah sekali tersulut kemarahannya, bahkan oleh hal-hal kecil sekalipun. Misalnya jika Anda terlambat lima menit saja dari waktu yang telah ia tentukan, ia akan mulai marah dan menghakimi Anda. Pernahkah Anda mengalaminya? Tak berehenti sampai di situ, bahkan ia sampai melakukan kekerasan fisik. Walaupun pada akhirnya ia meminta maaf, tetapi hal ini akan terus diulanginya lagi.

Menjadikan Anda seperti Boneka

Individu yang memiliki tingkat posesif tinggi akan membuat Anda seperti boneka. Ya, ia mengontrol segala tindakan Anda sehingga Anda pun kehilangan kebebasan pribadi. Pada kasus tertentu yang lebih parah, pasangan akan melarang untuk bekerja dan berinteraksi dengan orang lain, mengatur apa yang harus Anda kenakan, dan keputusan-kepuutsan kecil lainnya yang semestinya bisa Anda putuskan sendiri.

Rasa Cemburu Berlebihan

Rasa cemburu terhadap pasangan adalah hal wajar, tetapi tingkat kecemburuan yang dimiliki oleh seorang individu yang posesif melebihi batas normal. Ia bahkan akan melarang Anda untuk bersosialisasi dengan teman, rekan kerja, dan tetangga sekitar. Alasan yang membuat ia cemburu pun juga terkadang tidak masuk akal, misalkan ketika Anda mengobrol dengan teman atau membalas obrolan pun bisa-bisa ia tidak akan bisa menerimanya dan menuduh Anda selingkuh. Jangan kaget jika ia juga akan menyita ponsel biasa Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman.

Cara Menjaga Hubungan dengan Pasangan

Cara mempertahankan hubungan dengan pasangan posesif relatif susah untuk dilakukan karena ia akan melakuakn segalanya untuk membuat Anda tak berpaling darinya, bahkan ia nekat melakukan hal-hal di luar akal sehat misalnya mengancam melakukan bunuh diri. Tetapi, Anda bisa mencoba dua cara berikut ini:

  1. Jika Anda masih mencintainya, maka tips menjaga hubungan dengan pasangan adalah dengan mencoba mengenalkannya pada teman-teman agar ia tahu karakter orang yang dekat dengan Anda dan tidak lagi menuduh Anda selingkuh.
  2. Cara menjaga hubungan dengan pasangan yang lainnya adalah dengan banyak meluangkan waktu dengannya, dan yakinkan bahwa hanya dialah yang Anda cintai.

Jika Anda mulai merasa pasangan Anda melakukan hal-hal di atas, maka ada baiknya bagi Anda untuk memikirkan ulang apakah akan melanjutkan hubungan atau tidak. Hubungan pasangan yang sehat adalah ketika keduanya saling memberi dukungan, saling menguatkan ikatan batin, bukan saling menguasai satu sama lain.

0 COMMENTS