Food & Nutrition

Nutrisi Penting Untuk Tingkatkan Imun Tubuh

2016-10-04
Nutrisi penting untuk tingkatkan imun tubuh - Nutrisi yang seimbang sangat penting untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk mempertahankan sistem imun tubuh.

Untuk memilikinya, Anda butuh makanan penambah imun tubuh agar metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik. Lalu, apa saja nutrisi tepat yang harus Anda konsumsi untuk mendukung sistem imun tubuh? Berikut ini ulasan serta bagaimana cara meningkatkan imun tubuh.

Nutrisi untuk tingkatkan imun tubuh 

Membentuk imun tubuh yang kuat dapat dimulai dari makanan penambah imun tubuh. Fungsi imun bagi tubuh adalah untuk mencegah penyakit serta infeksi yang dapat menyerang tubuh. Oleh karena itu, pemenuhan nutrisi penting untuk imun tubuh sangat dianjurkan agar tidak mudah sakit. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang harus dipenuhi serta makanan apa saja yang mengandung nutrisi tersebut.

  • Protein – Protein adalah salah satu bagian dari mekanisme pertahanan tubuh. Mengonsumsi makanan mengandung banyak protein seperti seafood, daging tanpa lemak, daging unggas, telur, kacang-kacangan, serta produk kedelai akan membantu Anda meningkatkan imun tubuh.
  • Vitamin A – Selain bagus untuk mata, vitamin A juga mampu membantu sistem imun dalam kinerja optimal serta melindungi infeksi dengan menjaga kesehatan kulit dan jaringan dalam tubuh. Makanan yang mengandung vitamin A antara lain ubi jalar, wortel, kale, bayam, paprika, aprikot, telur, dan susu.
  • Vitamin C – Zat ini mampu melindungi Anda dari infeksi dengan merangsang pembentukan antibody dalam tubuh sehingga membantu meningkatkan imunitas. Buah-buahan segar seperti jeruk, anggur, pepaya, stroberi, hingga tomat sangat bagus sebagai suplai vitamin C.
  • Vitamin E – Vitamin E terkandung dalam banyak makanan, seperti biji bunga matahari, almond, minyak sayur, hazelnuts, selai kacang, hingga bayam. Vitamin E mampu bekerja sebagai antioksidan, salah satu komponen sistem imun tubuh yang menetralisir radikal bebas sehingga memperbaiki fungsi imun tubuh.
  • Zinc – Mengonsumsi makanan mengandung zinc mampu membantu menyembuhkan luka. Zinc dapat Anda temukan pada makanan-makanan dengan protein tinggi, seperti daging sapi, daging unggas, seafood, susu, gandum utuh, polong-polongan, serta kacang-kacangan.

Cara meningkatkan imun tubuh

Untuk meningkatkan imun tubuh sebenarnya sangat mudah. Selain mengonsumsi makanan penambah imun tubuh, Anda hanya perlu melakukan beberapa cara meningkatkan imun tubuh berikut.

Jangan merokok – Rokok adalah salah satu sumber penyakit yang entah kenapa hingga saat ini masih digemari banyak orang. Bila Anda merokok, kandungan racun didalamnya akan menyebar dengan mudah sehingga tubuh jadi rentan sakit.

Berolahraga rutin – Biasakan untuk selalu berolahraga rutin. Tak perlu setiap hari bila memang Anda terlalu sibuk, cukup 2-3 kali seminggu saja. Selama rutin melakukannya, tubuh jadi selalu bugar dan siap menerjang setiap penyakit yang menyerang.

Jaga berat badan Anda – Berat badan juga berpengaruh terhadap imun tubuh oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga berat badan ideal untuk menjaga kondisi metabolisme serta meningkatkan imunitas tubuh terhadap berbagai jenis penyakit. Caranya adalah dengan menjaga asupan nutrisi penting.

Tidur yang cukup – Tidur cukup dan nyaman harus Anda lakukan setiap harinya. Hal ini juga berfungsi untuk mengatur stres yang dapat menurunkan imun tubuh.

 

Itulah beberapa makanan penambah imun serta bagaimana cara meningkatkan imun tubuh yang dapat Anda lakukan. Selalu terapkan pola hidup sehat sebagai kebiasaan di rumah agar imunitas tubuh tetap terjaga dan Anda serta keluarga terbebas dari penyakit.

0 COMMENTS