Others

Ini Dia, Pentingnya Struktur Bagi Kehidupan Seseorang. Simak Disini!

2022-04-04
Jika seseorang memiliki struktur dalam kehidupan mereka, maka seseorang tersebut mempunyai target atau tujuan tiap harinya di dalam kehidupan mereka.

Struktur dapat membantu seseorang untuk tetap fokus di dalam kehidupan dan membantu untuk dapat mencapai tujuan mereka. Walaupun demikian, fleksibilitas penting bagi kehidupan seseorang agar mereka bisa beradaptasi kepada berbagai macam perubahan, struktur juga penting, karena struktur dapat memberikan kontrol dan memberikan rasa stabilitas pada kehidupan mereka. 

Sebagai pembanding struktur di tubuh kita itu dapat diibaratkan seperti tulang atau kerangka tulang, tanpa kerangka maka tubuh kita tidak dapat mempunyai bentuk dan tidak dapat melakukan aktivitas apapun. Struktur juga penting untuk pertumbuhan anak, hal ini karena tanpa struktur atau peraturan, maka anak tersebut tidak dapat belajar untuk bertanggung jawab, kebiasaan yang baik bagi kita seperti mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, membersihkan gigi dan tubuh, juga aktivitas lainnya yang penting bagi kehidupan kita.

Tentunya, dengan memberikan struktur atau peraturan bukan berarti orang tua harus kaku dalam mendidik anak mereka, melainkan dapat memberikan target kepada anak mereka dan mengarahkan anak-anaknya untuk mencapai tujuan tersebut sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Bagaimana seseorang mendapatkan struktur atau membuat struktur di kehidupan mereka? Hal pertama yang perlu dilakukan, adalah mencari tahu terlebih dahulu sisi kehidupan kita yang memerlukan struktur, karena tidak perlu semua aspek kehidupan seseorang memerlukan struktur. Hal berikutnya, yang perlu dilakukan adalah mencari tahu struktur macam apa yang dapat memberikan rasa stabilitas kepada seseorang.

Setelah menentukan struktur seperti apa yang cocok bagi mereka, maka dapat dituliskan di tempat yang seringkali kita lihat setiap hari mungkin di tempat seperti sebelah tempat tidur atau pintu lemari es. Langkah penting berikutnya, adalah mulai mengerjakan aktivitas untuk mencapai target tersebut secara bertahap. Ketika kita sudah mulai mengerjakan aktivitas untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan maka bandingkan dengan tujuan awal atau buatlah perubahan pada target tersebut jika dirasa tidak mungkin untuk kita capai.

Bagi anak-anak, dengan menerapkan struktur dalam hidup mereka agak sedikit berbeda. Jika menetapkan struktur atau target untuk anak-anak, buatlah satu target yang jelas seperti setiap hari seperti harus makan sayur atau sikat gigi setiap harinya, dibandingkan dengan menetapkan target seperti harus menjadi anak sehat karena hal ini akan membuat mereka bingung. Berikan satu atau dua peraturan, dan jangan buat peraturan terlalu banyak hal ini akan membuat mereka bingung dan kewalahan, sehingga mereka menolak untuk mengikuti peraturan yang telah dibuat. Hal terakhir yang harus diingat adalah, bahwa saat memikirkan peraturan untuk anak-anak, maka dapat membuat peraturan yang sesuai umur atau kemampuan mereka. 

Sebagai contoh, jangan memaksa anak-anak untuk selalu mendapatkan nilai sempurna, melainkan arahkan mereka untuk mengalokasikan waktu setiap hari untuk belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah. Bagi orang yang hidup dengan autisme, struktur sangat penting karena mereka dapat lebih fokus untuk mencapai target mereka dan terhindar dari hal-hal yang dapat membuat mereka kewalahan atau depresi.

0 COMMENTS