Psychology

8 Tanda Anda Seorang Introvert Sejati

2016-10-06
8 tanda seorang introvert sejati - Hingga kini, masih banyak orang yang menganggap bahwa karakter introvert sama dengan pemalu.

Ya, beberapa orang introvert mungkin memang pemalu, tapi tentu tidak semuanya begitu. Orang dengan introvert personality merupakan orang yang memulihkan energi melalui aktivitas menyendiri, bertolak belakang dari ekstrovert yang justru mendapatkan energi dari berkumpul bersama orang lain. Beberapa tandanya bisa Anda lihat berikut ini.

Bukan Antisosial, Hanya Selektif dalam Pergaulan (dijadikan subheading)

Karena merasa lebih nyaman menghabiskan waktu dengan diri sendiri, orang introvert kerap kali dianggap antisosial. Padahal, Anda hanya merupakan orang yang selektif dalam pergaulan. Berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak terlalu dekat membuat Anda lelah karena harus mengerahkan usaha lebih. Dengan bergaul bersama orang-orang “pilihan”, Anda bisa lebih bebas untuk menjadi diri sendiri.

Tidak Nyaman Menjalin Obrolan Kecil

Bertemu dan berkenalan dengan orang baru dapat menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang introvert. Pasalnya, setelah berkenalan, biasanya Anda harus terlibat dalam obrolan kecil. Umumnya, seorang introvert tidak terbiasa untuk hal-hal berbau spontan karena mereka akan merasa lebih nyaman jika melakukan persiapan. Itulah mengapa ketika terlibat obrolan kecil, orang introvert cenderung diam dan mendengarkan saja.

Lebih Memilih Pesan Teks daripada Telepon

Ketika berbicara melalui sambungan telepon, Anda diharuskan untuk menimpali obrolan secara langsung, membuat Anda tidak memiliki kesempatan untuk berpikir lebih lama tentang hal yang harus disampaikan. Karenanya, mayoritas orang introverts lebih memilih berkomunikasi pesan teks daripada sambungan telepon. Hal tersebut memungkinkan mereka untuk memikirkan balasan obrolan.

Mengasingkan Diri di Tempat Ramai

Bagi orang introvert, bersosialisasi merupakan aktivitas yang amat melelahkan. Di sinilah perbedaan kuat antara introvert vs ekstrovert terjadi. Ketika berada di tempat ramai, orang introvert akan curi-curi waktu untuk mengasingkan diri demi memulihkan energi. Sementara itu, orang ekstrovert akan menghampiri adanya keramaian karena memang hal tersebut merupakan sumber energi mereka.

Menikmati Waktu Sendiri

Apakah Anda pernah merasa senang ketika acara yang seharusnya Anda datangi mendadak dibatalkan? Jika iya, maka kemungkinan besar Anda memiliki karakter introvert. Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang introvert memulihkan energi dengan menyendiri, jadi mereka benar-benar menikmati waktu yang dihabiskan sendiri, baik untuk membaca buku, menonton film, atau yang lainnya.

Jarang Merasa Bosan

Karena benar-benar menikmati waktu sendiri, orang introvert jarang sekali merasa bosan. Mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat kesendirian mereka terasa menyenangkan. Orang introvert mungkin sering menghabiskan waktu sendiri, tetapi hampir tidak pernah merasa kesepian. Mungkin hal ini juga yang membuat beberapa orang melabeli Anda sebagai introvert aneh.

Jeli Menilai Karakter Orang Lain

Anda sangat percaya dengan ungkapan “don’t judge a book by its cover”. Anda yakin bahwa setiap orang memiliki karakter lebih dari yang ia tampilkan pada kesan pertama. Itulah mengapa ketika bertemu orang baru, Anda akan diam-diam melakukan penilaian terhadap orang tersebut. Selain untuk memahaminya lebih jauh, Anda juga bisa menghadapinya dengan cara yang tepat.

Dianggap sebagai Orang Misterius

Pada banyak kasus, orang introvert akan lebih banyak diam untuk mengamati keadaan di sekeliling mereka. Jadi, hanya karena orang introvert diam, bukan berarti mereka tidak aware dengan keadaan sekitar. Belum lagi sifat orang introvert yang memang lebih suka menyendiri untuk memulihkan energi. Orang-orang pun kerap menilai orang introvert sebagai orang yang misterius.

Jadi, dari berbagai tanda di atas, apakah Anda termasuk sebagai orang introvert? Agar lebih yakin, Anda bisa mengikuti introvert test yang kini banyak tersedia di internet. Tapi, jika Anda mengiyakan tanda-tanda di atas, kemungkinan besar Anda memang merupakan orang introvert.

0 COMMENTS