Food & Nutrition

Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Jahe Merah

2017-01-25
Bahaya terlalu banyak mengonsumsi jahe merah - Jahe merah adalah salah satu rempah yang paling populer di Indonesia.

Jahe jenis ini sangat bagus untuk mengobati masalah perut, termasuk rasa mual bahkan morning sickness yang menjadi masalah bagi kebanyakan ibu hamil. Menariknya, jahe merah untuk diet juga sangat populer di masyarakat. Namun sayang, konsumsi jahe merah yang terlalu banyak justru membuat masalah kesehatan yang berbahaya.

Jahe merah untuk diet

Sering kita temukan banyak orang yang mengonsumsi jahe merah asli sebagai bentuk diet. Bagi banyak orang, jahe merah untuk diet sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Sifatnya yang hangat di dalam perut membuat lemak-lemak tubuh terbakar dengan baik. Selain itu, tingkat gula dalam darah juga dapat turun berkat jahe merah sehingga penyerapan gula pada tubuh bisa lebih sedikit dari normalnya.

Bahaya jahe merah yang terlalu banyak

Meski bagus untuk diet, mengonsumsi jahe merah yang terlalu banyak justru akan membahayakan tubuh. Berikut ini adalah beberapa bahaya jahe merah ketika dikonsumsi terlalu banyak.

Masalah pencernaan – Mengonsumsi jahe merah asli memang membuat perut nyaman. Namun bila terlalu banyak, justru hal ini akan memberikan masalah, mulai dari iritasi pada mulut, diare, bahkan rasa mulas yang berlebihan. Produksi gas yang berlebihan juga akan terjadi sehingga rasa kembung dan mual dapat terjadi. Bila Anda pernah mengalami usus buntu atau masalah pada usus lainnya, sebaiknya jangan mengonsumsi jahe merah asli secara langsung karena akan memperparah kondisi usus Anda.

Masalah pada kehamilan – Salah satu khasiat jahe merah adalah mengurangi rasa mual ketika terjadi morning sickness pada ibu hamil. Namun bila Anda mengonsumsi jahe merah terlalu banyak, justru akan sangat berbahaya bagi kesehatan janin. Jahe merah dapat menyebabkan perubahan hormon kelamin pada bayi, pendarahan, bahkan keguguran. Oleh karena itu, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe merah segar ketika hamil.

Rasa kantuk yang luar biasa – Pernahkah Anda merasa mengantuk berat setelah mengonsumsi jahe merah? Bila itu yang terjadi, maka Anda telah mengonsumsi jahe merah terlalu banyak. Jahe merah asli dalam dosis yang berlebih mampu menyebabkan rasa kantuk dan menenangkan. Sangat berbahaya bila Anda mengonsumsi jahe merah terlalu banyak sebelum mengendarai kendaraan.

Menurunkan gula darah – Mengonsumsi jahe merah memiliki khasiat yang cukup bagus untuk penderita diabetes, yakni mampu menurunkan tingkat gula darah. Namun sayangnya, bila terlalu banyak mengonsumsi jahe merah, tekanan darah akan drop sehingga berbahaya untuk keseimbangan metabolisme tubuh. Bila Anda merasa lemah, lunglai, atau mengalami gejala gula darah rendah lain, minumlah segelas jus atau makan sesuatu yang manis untuk meningkatkan gula dalam darah.

Jahe merah untuk diet memang sangat efektif. Jahe merah bahkan punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, mengonsumsinya dalam jumlah besar justru memberikan bahaya tersendiri. Batasi konsumsi jahe merah tidak lebih dari 4 gram sehari. Ketika hamil, jangan konsumsi jahe merah lebih dari 1 gram. Anak-anak usia 2-6 tahun juga tidak boleh mengonsumsi jahe merah lebih dari 2 miligram sehari.

0 COMMENTS