Others

Jangan Remehkan Manfaat Vitamin D

2020-04-14
Tubuh manusia membutuhkan banyak sekali vitamin, salah satunya adalah vitamin D yang memiliki fungsi penting dalam menjaga dan membantu pertumbuhan tulang yang sehat.

Tak hanya itu, para ahli telah mengatakan bahwa bukan hanya baik untuk tulang namun juga menjaga fungsi penting tubuh lainnya. Jika seseorang kekurangan vitamin D maka akan menyebabkan berbagai penyakit serius seperti demensia, osteoporosis, kanker payudara, kanker kolon, kanker prostat, masalah jantung, depresi hingga obesitas.

Para ahli yang tergabung dalam Vitamin D Council mengatakan bahwa vitamin D juga dapat membantu perawatan autism, penyakit autoimun, kanker, penyakit jantung, darah tinggi, flu dan berbagai macam penyakit lainnya. Vitamin D juga dapat membantu dan menjaga pertumbuhan gigi yang sehat. Kebutuhan vitamin D dapat dipenuhi dari sumber makanan atau minuman yang mengandung kalsium tinggi seperti keju, susu dan mentega. Untuk sayuran bisa di dapat dari kale, sawi putih, pokcoy/bok choy.

Sedangkan untuk ikan yang memiliki kandungan vitamin D tinggi terdapat pada salmon. Kandungan lemak tinggi dan omega 3 pada salmon dapat membantu pertumbuhan tulang. Sedangkan untuk sumber vitamin D dari kacang-kacangan terdapat pada kacang almond. Terdapat kandungan kalsium hingga 111 mg hanya dengan mengonsumsi 2 sendok makan kacang almond. Selain itu tahu juga mengandung kalsium yang tinggi. Setengah gelas tahu mengandung 860 mg kalsium.

Tak hanya didapat dari makanan tapi juga dari sinar matahari, karena matahari memproduksi vitamin D untuk tubuh dengan memberikan sinar ultraviolet B (UVB) kepada kulit yang selanjutkan akan memberikan energi ke tubuh untuk mengubah kolesterol menjadi vitamin D. Alangkah baiknya jika kita menyempatkan diri untuk menikmati matahari pagi karena matahari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik untuk tubuh. Namun, jika Anda belum sempat untuk jalan pagi di luar rumah, Anda bisa mengikuti tren akhir-akhir ini seperti menikmati kopi di gerai kopi. Mengapa bisa demikian? Karena sebagian besar orang yang gemar mengonsumsi kopi dan susu seperti cappuccino, macchiato dan latte tanpa disadari telah menerima vitamin D yang tinggi. Untuk menghindari masalah lainnya sebaiknya menikmati kopi dengan rendah gula, ya!

0 COMMENTS