Fitness

Tertawa Sehatkan Jantung? Ini Manfaat Dibalik Tertawa

2016-09-29
Tertawakan sehatkan jantung? Ini manfaat dibalik tertawa - Warkop DKI sudah memperingatkan bahwa “Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang.”

Tertawa adalah sesuatu hal yang sangat-sangat sederhana, siapa saja bisa tertawa karena hal-hal sederhana. Tetapi ada juga orang yang sangat sulit tertawa. Bahkan sekarang untuk tertawa saja harus merogoh kocek dalam-dalam dengan iming-iming materi tertawa yang modern dan terbaru.

Jika berbicara masalah sains, ketika seseorang tertawa maka hampir semua otot di tubuh Anda akan ikut bergerak. Bahkan paru-paru akan mengembang lebih besar dari biasanya ketika Anda tertawa, yang tentunya akan membuat segar saluran pernafasan. Hormon neurontransmitter pengurang stres juga akan keluar ketika Anda tertawa.

Nah sekarang akan dijelaskan apa saja sebenarnya manfaat dari tertawa, apakah benar ternyata menyehatkan jantung?

Tertawa meningkatkan sirkulasi darah

Seperti dijelaskan di paragraf pembuka, ketika Anda tertawa semua otot yang ada di tubuh Anda akan ikut bergerak. Tidak hanya itu, ternyata ketika Anda tertawa semua aktivitas pembuluh darah akan meningkat dengan cepat. Tentunya ini akan memperlancar sirkulasi darah dari mulai ke otak sampai ke jantung. Aktivitas jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh akan lebih mudah ketika Anda tertawa. Tertawa juga menjadi obat hipertensi yang sangat-sangat murah. Ketika Anda tertawa, tekanan darah akan berkurang dan tentu akan mengurangi hipertensi.

Olahraga

Pernah tertawa sampai perut Anda sakit atau badan Anda capek? Itulah manfaat tersembunyi dari tertawa. Tertawa ini bisa juga pengganti olahraga, walaupun tentu efeknya masih jauh dibandingkan dengan olahraga semestinya. Khususnya di bagian wajah dan perut Anda, semua otot di bagian tersebut akan bergerak dengan cepat ketika Anda tertawa. Sehingga manfaat yang Anda rasakan akan hampir sama dengan berolahraga.

Menurunkan stres

Tentu ini adalah manfaat tertawa yang paling umum, yaitu menurunkan stres. Tertawa ini bisa membuat Anda lupa dengan apapun masalah yang ada dipikiran Anda saat itu. Ada beberapa hormon penyebab stres dan ternyata ada juga hormon untuk menanggulangi cepatnya keluar hormon penyebab stres tersebut. Nah dengan tertawa ini, tubuh Anda akan terbantukan untuk mencegah hormon penyebab stres ini keluar.

Selain itu ketika tertawa Anda akan melepaskan bahan kimia alami yang bernama endorphin. Bahan kimia alami ini akan berfungsi untuk membuat Anda merasa bahagia dan merasa nyaman. Selain itu ini akan meredakan nyeri yang ada di dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain manfaat-manfaat di atas ada beberapa manfaat yang mungkin baru Anda tahu. Tertawa ini ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setelah dapat menurunkan kadar hormon stres, ternyata ada beberapa hormon yang berhubungan dengan imunitas dan antibodi yang berfungsi untuk melawan infeksi. Dan akhirnya dapat membantu tubuh Anda kekebalan tubuh dan terhindar dari penyakit.

Tetapi bukan berarti Anda harus tertawa terus menerus lho. Ingat semua yang berlebihan tentu tidak baik, termasuk tertawa. Anda bisa mengatur tertawa Anda dengan melihat tempat, situasi dan kondisi. 

0 COMMENTS