Beauty

Lakukan 5 Hal Ini Agar Terhindar dari Jenis Penyakit Kulit

2016-12-27
Lakukan 5 hal ini agar terhindar dari jenis penyakit kulit - Sebagai bagian paling luar dari tubuh, kulit lah yang melindungi organ dalam tubuh dari unsur-unsur eksternal seperti sinar matahari, debu, dan lain sebagainya.

Bahkan kulit juga mampu memproduksi protein esensial dan vitamin. Bisa dibayangkan betapa pentingnya peran kulit, bukan?

Anda bisa melakukan kelima hal ini agar terhindar dari jenis-jenis penyakit kulit.

Jangan Berada di Bawah Sinar Matahari Terlalu Lama

Sinar matahari pagi memang mengandung vitamin D yang baik untuk kulit, tetapi jika sudah di atas pukul 09.00, sebaiknya Anda segera berteduh karena adanya kandungan UVA dan UVB yang bisa berdampak buruk pada kulit. Tidak hanya terbakar atau belang, kulit Anda juga bisa terkena iritasi, mengalami penuaan dini, hingga risiko terkena kanker kulit. Oleh sebab itu, selain meminimalisir aktivitas di luar ruangan, sebaiknya Anda juga melindungi kulit dengan menggunakan sunblock dan mengenakan pakaian yang tertutup.

Hindari Menggaruk Kulit Terlalu Keras

Rasa gatal pada kulit memang bisa sangat mengganggu. Inginnya dibiarkan hingga hilang dengan sendirinya, tetapi pada banyak kasus, rasa gatal tersebut justru terasa semakin menjadi dan meminta untuk digaruk. Anda boleh saja melakukan hal tersebut, tetapi jangan sampai menggaruk kulit terlalu keras karena bisa menyebabkan kulit lecet hingga berdarah. Hal ini biasanya dilakukan oleh anak kecil akibat biang keringat sebagai salah satu jenis penyakit kulit pada anak.

Rajin Mandi Agar Terhindar dari Jenis Penyakit Kulit Gatal

Tips satu ini sangat terdengar sepele, tetapi justru karena alasan itulah banyak orang meremehkannya. Terlebih saat memasuki musim liburan, orang-orang pasti akan merasa malas untuk mandi pagi. Atau ketika Anda pulang terlambat dan sampai rumah terlalu larut sehingga malas mandi. Padahal, mandi sebanyak dua kali dalam sehari akan membantu Anda membersihkan kulit agar terhindar dari berbagai penyakit kulit. Apabila tidak rajin mandi, kulit Anda akan lebih rentan terjangkit jamur yang akan menimbulkan penyakit kulit.

Pilih Produk Alami untuk Perawatan Kulit

Anda termasuk orang yang rajin menggunakan produk-produk tertentu untuk perawatan kulit? Berhati-hatilah dalam melakukan pemilihan karena tidak sedikit produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras. Cek kemasannya untuk mengetahui bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan produk. Beberapa bahan kimia berbahaya yang biasanya ada pada produk perawatan kulit adalah merkuri, hidrokinon, asam retinoat, dan resorsinol.

Ganti Pakaian Setiap Hari

Anda mungkin memiliki satu atau dua pakaian favorit yang paling sering dikenakan sehari-hari. Tidak apa-apa melakukan hal tersebut selama Anda rajin mencucinya. Ada orang yang cenderung mengenakan satu pakaian untuk beberapa kali pemakaian. Nah, hal tersebut wajar dilakukan, tetapi tergantung pada jenis pakaian. Misalnya, Anda bisa mengenakan celana jeans hingga lima kali pemakaian sebelum dicuci. Berbeda lagi dengan kaus yang mungkin hanya bisa dikenakan dua kali sebelum dicuci. Jika tidak berganti pakaian secara rutin, Anda bisa saja terserang panu, jamur, atau jenis penyakit kulit gatal lainnya.

 

Itulah kelima hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terkena penyakit kulit. Imbangi pula perawatan kulit dari dalam dengan tidak mengonsumsi makanan yang berpotensi menimbulkan alergi dan rajin minum air mineral agar kulit terasa lebih kencang dan tidak kering.

0 COMMENTS