Beauty

Bahan Makanan yang Wajib Dihindari Untuk Redakan Jerawat

2016-10-03
Bahan Makanan yang Wajib dihindari untuk redakan jerawat - Jerawat memang menjadi masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan Anda.

Masalah jerawat yang muncul ini bukan hanya dikarenakan Anda kurang merawat dan membersihkan area wajah. Namun, bisa juga karena Anda kurang berhati-hati dalam memilih bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja makanan penyebab jerawat yang harus dihindari sebagai salah satu tips menghilangkan jerawat.

Aneka Gorengan

Makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan ini termasuk bahan makanan penyebab jerawat. Hal itu disebabkan karena lemak yang Anda konsumsi akan disimpan oleh tubuh. Ketika lemak yang disimpan di tubuh mulai berlebihan maka akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Ketika wajah berminyak akan membuat jerawat mudah tumbuh. Mulai sekarang sebaiknya hindari makanan berlemak dan mengandung banyak minyak.

Snack/Makanan Ringan

Makanan ringan atau snack yang banyak dijual mengandung kadar garam yang tinggi. Padahal garam cukup sulit untuk diserap sempurna oleh tubuh manusia. Mengonsumsi snack atau makanan ringan secara berlebihan dapat menjadi penyebab peradangan kulit, merubah warna kulit sehingga nampak kemerahan, serta memicu timbulnya jerawat pada wajah.

Cokelat

Cokelat merupakan bahan makanan yang dapat memperburuk kondisi kulit berminyak. Pasalnya, cokelat memiliki kadar lemak yang cukup tinggi sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu pertumbuhan jerawat pada kulit wajah Anda. Jika Anda ingin meredakan jerawat, sebaiknya untuk sementara waktu kurangi konsumsi cokelat maupun makanan yang berbahan dasar cokelat.

Produk Olahan Susu

Segala jenis produk olahan susu termasuk makanan penyebab jerawat yang harus dihindari, seperti keju, yogurt, coklat, susu cream, susu cair, dan sejenisnya. Produk makanan berbahan susu berasal dari sapi yang tengah hamil sehingga juga kaya akan hormon. Saat hormon tersebut masuk di tubuh manusia akan di rubah menjadi DHT (dihydrotestosteron) yang akan memicu munculnya jerawat. Uniknya, yogurt juga bisa jadi obat jerawat alami. Gunakan plain yogurt sebagai masker dan diamkan selama beberapa menit.

Kopi dan Teh

Kopi dan teh merupakan bahan makanan yang wajib dihindari untuk meredakan jerawat. Pasalnya, kedua bahan makanan tersebut memiliki kadar kafein yang sangat tinggi. Padahal, kafein dapat memicu adrenalin sehingga dapat jerawat pun akan dengan mudah kembali menyerang kulit Anda. Sebaiknya mengganti kopi dan teh dengan air putih untuk menghindari jerawat yang tentu dapat mengurangi rasa percaya diri Anda.

Minuman Bersoda

Sudah bukan rahasia jika minuman bersoda memiliki banyak dampak negatif untuk kesehatan tubuh. Pada umumnya, jenis minuman ini mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Gula termasuk salah satu bahan makanan yang mampu meningkatkan kadar lemak di tubuh, sehingga saat dikonsumsi secara berlebihan akan menjadikan wajah Anda berminyak dan berjerawat.

Mie Instan

Mie instan merupakan makanan praktis yang sangat tidak sehat bagi tubuh manusia. Bahan makanan ini juga merupakan makanan penyebab utama munculnya jerawat karena mengandung terlalu banyak protein dan minyak jenuh.  Jika memang Anda terpaksa harus makan mie instan, maka sebaiknya buanglah minyak yang ada pada kemasan sehingga Anda terhindar dari potensi timbulnya jerawat yang berlebihan.

 

Selain cermat dalam memilih bahan-bahan makanan yang akan dikonsumsi, sebaiknya Anda juga harus rajin membersihkan muka setelah beraktifitas di luar ruangan ataupun usai memakai make up. Sebagai cara menghilangkan bekas jerawat, pilih pembersih wajah yang aman serta cocok untuk kulit Anda. Jangan ragu untuk memeriksakan kesehatan kulit pada dokter kecantikan jika memang Anda membutuhkan pengobatan yang lebih lanjut.

0 COMMENTS