Mom & Kids

Tips Menghilangkan Kebiasaan Anak Mengelupas Kulit

2017-01-30
Tips menghilangkan kebiasaan anak mengelupas kulit - Setiap anak memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, ada yang baik dan merugikan.

Hal tersebut bisa disebabkan karena faktor internal dari dalam dirinya sendiri atau eksternal, misalnya keluarga dan teman sekitar. Salah satu kebiasaan buruk pada anak yang cukup mengganggu adalah mengelupas kulit. Jika anak Anda memiliki kebiasaan yang satu ini, tak perlu bingung, perhatikan cara menghilangkan kebiasaan buruk pada anak berikut untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk pada Anak dengan Mengetahui Penyebabnya

Cari tahu penyebab mengapa anak Anda suka melakukan kebiasaan buruk, misalnya mengelupas kulit. Biasanya, anak melakukan ini karena merasa bosan sehingga rasa penasaran mendorongnya untuk mengelupas kulit lagi dan lagi. Jika ini adalah penyebabnya, maka Anda harus berusaha menghilangkan kebosanannya misalnya dengan mengajaknya bermain atau memberikan dia kesibukan lain yang menantang.

Konsultasikan ke Dokter

Anda bisa mengonsultasikan hal ini ke dokter dan jika perlu, dokter akan memberikan obat anti depresi pada Anak. Selain bosan, salah satu penyebab anak Anda mengelupas kulit juga bisa disebabkan karena rasa cemas sehingga untuk mengatasinya, Anda perlu membuatnya lebih tenang. Namun, ingat, jangan berikan obat ini sebagai solusi permanen, hanya jika diperlukan saja.

Apakah Penyebabnya dari Anda Sendiri?

Jika Anda tanpa sadar suka mengelupas kulit bibir atau jari tangan dan anak memperhatikannya, maka jangan kaget jika ia ikut melakukannya. Seorang Anak memiliki rasa penasaran yang tinggi sehingga ia akan meniru apa saja yang dilakukan oleh orang dewasa. Kebiasaan orang tua yang menghasilkan perilaku buruk pada anak tersebut harus segera dihentikan.

Kebiasaan buruk anak yang cukup membuat orang tua merasa khawatir selain mengelupas kulit adalah mengompol. Jika menurut Anda ia sudah besar tetapi masih saja mengompol, sebaiknya Anda mulai mencari cara untuk mengatasinya. Cara menghilangkan kebiasaan ngompol pada anak bisa dengan melatihnya untuk buang air kecil secara mandiri. Ajari anak untuk segera memberitahu orang tua atau kakaknya jika ia merasa ingin buang air. Semakin sering anak melakukannya, maka ia akan terbiasa dengan cara ini dan kebiasaan mengompol pun dapat diatasi.

Kebiasaan buruk anak, baik itu mengelupas kulit atau mengompol, pada dasarnya dapat diatasi dengan melakukan hal-hal yang menjadi kebalikannya. Misalnya, jika anak suka mengelupas kulitnya karena rasa bosan dan tidak ada hal lain yang dilakukan, maka berikan terapi dengan membuat tangannya tetap sibuk sehingga dia bisa melupakan keinginannya untuk mengelupas kulitnya. Sedangkan jika anak masih suka mengompol, maka sebaliknya, Anda yang harus lebih giat untuk mengingatkannya agar ia mau bilang jika merasa ingin buang air, atau dengan rajin bertanya apakah ia ingin buang air. Dengan begitu, anak akan segera terbiasa.

Demikian informasi tentang Tips Menghilangkan Kebiasaan Anak Mengelupas Kulit, semoga bermanfaat.

0 COMMENTS