Psychology

Inilah Kunci Menemukan Kedamaian Hati yang Wajib Anda Tahu

2016-12-31
Inilah kunci menemukan kedamaian hati yang wajib anda tahu - Kehidupan materi yang serba tercukupi tak menjamin seseorang untuk memiliki kedamaian hati.

Apalah artinya segala materi jika hati selalu dihantui rasa was-was yang justru dapat mengarah ke depresi dan gangguan psikologis lainnya.

Jika Anda merasa ada sesuatu yang kurang dengan hati Anda, cobalah cara mencari kedamaian hati berikut ini.

Jujur adalah Cara Mencari Kedamaian Hati yang Utama

Cara mencari kedamaian hati berawal dari diri sendiri. Tanamkan sifat jujur di dalam diri. Melakukan perbuatan yang tidak jujur selain dapat merugikan orang lain, juga akan membuat Anda dihantui rasa was-was dan khawatir. Jika Anda berpikir dengan berbohong dapat menyelamatkan Anda, Anda salah. Justru dengan berbohong atau melakukan hal yang tidak jujur lainnya dapat membuat masalah semakin runyam dan tentu saja, hati menjadi tidak tenang.

Tidak Berburuk Sangka

Walaupun sangat berat untuk dilakukan, tetapi berusahalah untuk tetap berpikir positif. Berburuk sangka pada kondisi yang ada dan orang lain akan menyebabkan hati was-was dan ingin marah. Berburuk sangka pada orang yang belum tentu melakukan hal buruk pada Anda, justru akan memupuk kebencian dalam diri. Rasa benci akan menguras emosi, oleh sebab itu hindarilah hal ini dan berpikirlah positif. Berpikir positif dapat membuat hati tenang sehingga Anda bisa melakukan hal lain yang lebih bermanfat.

Tidak Larut dalam Penyesalan Masa Lalu

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Jangan mengenang kesalahan yang Anda lakukan di masa lalu, tetapi jadikan pelajaran berharga sehingga Anda bisa menjalani hidup lebih baik. Mengenang masa lalu akan semakin menambah penyesalan sehingga membuat hati tidak tenang dan susah move on. Ambil sisi positifnya, dan terus melangkah ke depan.

Hilangkan Rasa Khawatir

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa khawatir, tetapi jangan biarkan rasa kahwatir ini melekat terlalu lama dalam diri Anda. Segera cari akar permasalahan dan selesaikan. Adanya rasa khawatir membuat hati dan pikiran tidak tenang. Selain itu juga dapat mengarah ke depresi dan stres. Depresi dan stres adalah musuh besar Anda dalam mencari kedamaian hati.

Tidak Menyimpan Dendam

Mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari orang lain bisa membuat kita sakit hati. Belajarlah untuk menerima dengan ikhlas dan sabar, jangan ada keinginan untuk membalas perbuatan tersebut. Keinginan membalas perbuatan buruk orang lain membuat kita tidak berbeda dengan orang tersebut. Yakinkan hati Anda bahwa seseorang akan menerima balasan dari apa yang ia lakukan. 

Selalu Bersyukur

Orang yang selalu bersyukur dengan kondisi apapun yang ada, dapat menjalani semuanya dengan riang gembira. Berbeda halnya dengan mereka yang suka mengeluh. Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah ataupun merubah keadaan menjadi lebih baik. Rasa bersyukur akan membuat hidup Anda tenang, jauh dari rasa iri dengki terhadap kehidupan orang lain yang menurut Anda lebih baik. Ingatlah peribahasa ‘rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau’.

 

Jika Anda selama ini merasa sulit mencari kedamaian hati, cobalah melakukan instrospeksi pada diri sendiri. Temukan apa yang selama ini menjadi sumber kegelisahan Anda, karena semua berawal dari dalam hati dan pikiran Anda. 

0 COMMENTS