Psychology

Kegelisahan Apakah Masalah Benar Atau Tidak

2020-02-10
Akhir-akhir ini banyak orang termasuk teman & keluarga terdekat kita yang mengalami masalah kegelisahan atau lebih dikenal dengan “Anxiety” di negara barat.

Masalah ini banyak menganggu orang-orang tersebut dalam menjalankan kegiatan sehari hari tetapi apakah kegelisahan ini merupakan masalah yang nyata? Atau orang tersebut hanya manja & harus bisa lebih kuat dalam mental mereka? Jawaban yang mudah adalah kegelisahan merupakan masalah yang nyata jika kegelisahan tersebut sangat mengganggu kehidupan seseorang sehingga mereka tidak bisa beraktivitas normal secara konsisten.

Semua orang pasti akan merasakan kegelisahan dalam hidup mereka pada saat mereka dalam kondisi yang tidak nyaman, hal ini merupakan hal yang normal. Pada saat kegelisahan menyebabkan seseorang tidak dapat atau menghambat seseorang untuk melakukan tindakan yang sederhana maka sebaiknya seseorang tersebut berkonsultasi dengan dokter atau psikolog, hal ini yang bisa disebut sebagai masalah kegelisahan atau Anxiety. Jika kita termasuk orang yang didiagnosa dengan masalah kegelisahan, tindakan apa yang pertama kali harus kita ambil?

Tindakan pertama yang harus kita ambil adalah mengetahui hal yang dapat membuat kita gelisah, hal ini bisa saja tempat yang ramai, tempat sempit, takut naik pesawat atau mungkin bisa berbentuk sesuatu yang tidak kelihatan seperti kegelisahan karena takut dipermalukan atau dikritik di tempat umum. Setelah mengetahui hal yang bisa membuat kita gelisah, jika kita bisa hindarkan maka sebisa mungkin kita berusaha menghindarinya. Sangat disayangkan kenyataanya adalah hal yang dapat membuat kita gelisah sering kali tidak bisa kita hindarkan, jika kasusnya seperti ini apa yang dapat kita lakukan?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya langkah pertama yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter, psikolog, terapis okupasi atau professional yang mempunyai latar belakang kesehatan mental. Para ahli ini akan berusaha mencari tahu apa penyebabnya seseorang gelisah jika berada dalam satu kondisi atau situasi tertentu sehabis itu mereka akan berusaha untuk mencari solusi bagi individu yang mengalami kegelisahan agar setidaknya mereka bisa mengontrol kegelisahan mereka pada saat kegelisahan timbul. Perlu diingat proses ini bukanlah proses instan & memerlukan waktu yang lama, itupun tidak menjamin seseorang akan sembuh total.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu dengan masalah kegelisahan. Langkah pertama adalah cobalah berbicara dengan seseorang yang bisa kita percaya, ceritakan masalah yang membuat kita gelisah kemungkinan hal ini bisa mengurangi kegelisahan yang kita alami. Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah mengontrol kegelisahan kita. Hal ini bukanlah hal yang mudah tetapi hal ini dapat membantu, cobalah untuk membuat catatan harian tentang kegelisahanmu atau tulis kegelisahanmu pada satu kertas & simpan ditoples jadi seakan akan kita “menyimpan” kegelisahan kita sehingga tidak bisa mengganggu aktivitas hari hari kita. Langkah ketiga yang bisa kita lakukan adalah menjaga kesehatan fisik kita. Hal ini mencakup tidur yang cukup, karena dengan tidur yang cukup  memberikan tenaga pada kita untuk menghadapi perasaan & pengalaman yang sulit. Makan dengan nutrisi yang cukup & menjaga kadar gula yang cukup juga dapat membantu meningkatkan mood & energy kita. Olah raga juga merupakan cara yanhg baik untuk mengurangi kegelisahan selain meningkatkan kesehatan kita, olah raga juga dapat mengalihkan kita dari kegelisahan yang biasa kita alami.

Mengunjungi terapi grup dari orang-orang yang mengalami masalah kegelisahan yang sama dengan kita juga dapat membantu mengurangi kegelisahan. Di dalam grup ini orang-orang tersebut akan menceritakan pengalaman apa saja yang mereka lewati hidup dengan kegelisahan yang sama dengan kita. Di dalam grup ini mungkin saja beberapa orang akan berbagi cara yang mereka pakai untuk menghadapi kegelisahan yang sama dengan kita. Terapi alternative seperti hypnotherapy, refleksi, aromatherapy & refleksi juga dapat membantu mengurangi kegelisahan. Satu hal yang penting diingat adalah tiada masalah atau kegelisahan yang bersifat sepele, jika anda merasa stress atau merasa kesulitan yang dikarenakan masalah apapun walaupun karena alasan yang sangat sepele jangan ragu untuk memberitahukan keluarga atau kerabat terdekat.

0 COMMENTS