Psychology

4 Cara Tegar Hadapi Keguguran

2017-01-04
4 cara tegar hadapi keguguran - Mayoritas pasangan menikah pasti ingin memiliki buah hati. Namun, perjalanan setiap pasangan untuk mendapatkan anak tidaklah sama.

Beberapa harus mengalami keguguran, yang membuat suatu pasangan bisa merasa putus asa dan kehilangan harapan untuk memiliki keturunan. Namun, bagaimana pun juga, Anda tidak boleh larut dalam kesedihan yang disebabkan oleh keguguran tersebut dan harus menjadi pribadi yang tegar dalam menghadapinya.

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Ada banyak penyebab keguguran, tetapi sepertinya tidak peduli apapun itu, besarnya kesedihan yang Anda rasakan membuat Anda tetap menyalahkan diri sendiri. Andai saya tidak terlalu banyak beraktivitas, andai saya lebih menjaga asupan makanan, andai saya rajin mengonsumsi vitamin….

Hal tersebut wajar terjadi, tetapi sebaiknya Anda tidak melakukannya. Anda hanya akan merasa semakin sedih dan meratapi kesedihan. Apa yang terjadi biarlah terjadi karena bagaimana pun juga, Anda tidak akan bisa mengubah kejadian tersebut. Anda juga perlu tahu bahwa keguguran yang terjadi bukanlah kesalahan Anda. Percayalah bahwa ada rencana lebih baik yang telah disiapkan oleh Tuhan untuk Anda.

Beri Waktu untuk Merasa Berduka

Meski belum pernah bertemu langsung dengan bayi dalam kandungan, keguguran tetap saja menyisakan kesedihan luar biasa, apalagi jika Anda sudah sangat lama mendambakan kehamilan tersebut. Ya, Anda memang tidak boleh terlalu larut dalam kesedihan tersebut, tetapi tidak ada salahnya memberikan waktu pada diri sendiri untuk berduka. Hal ini akan membantu Anda untuk memulihkan kondisi mental dan mempermudah proses mengikhlaskan kepergian buah hati. Jangan menahan emosi yang Anda rasakan. Seiring berjalannya waktu, Anda pasti akan merasa lebih baik.

Cari Tahu Penyebab dan Tanda-tanda Keguguran

Keguguran akan membuat Anda bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Anda bisa mencari tahu kepada dokter tentang hal ini. Umumnya, keguguran dialami oleh calon ibu dengan usia kehamilan di bawah 20 minggu. Ada macam-macam penyebab keguguran hamil muda, di antaranya adalah kondisi rahim yang lemah, kondisi ibu hamil tidak fit, hingga tidak diketahui adanya kehamilan.

Ibu juga perlu mengetahui tanda-tanda keguguran agar bisa mengambil tindakan cepat. Tanda yang paling sering muncul adalah pendarahan. Beberapa kasus bahkan disertai dengan rasa nyeri. Jika ada perubahan gejala kehamilan, meskipun hal ini tidak umum terjadi, sebaiknya Ibu segera berkonsultasi ke dokter.

Istirahat dan Memulihkan Diri

Apabila Anda merupakan seorang wanita karir yang bekerja kantoran, ambillah cuti selama beberapa hari untuk beristirahat sejenak. Bagaimana pun juga, Anda baru saja kehilangan calon buah hati dan seperti yang telah disinggung di atas, Anda membutuhkan waktu untuk berduka dan memulihkan diri. Atasan di kantor dan rekan-rekan kerja Anda pun pasti akan mengerti. Minta suami untuk menemani Anda selama masa cuti tersebut. Dengan beristirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari, kesedihan Anda bisa berkurang sedikit demi sedikit dan Anda akan kembali semangat.

 

Hidup terus berputar layaknya sebuah roda. Saat ini, roda kehidupan Anda mungkin sedang berputar ke bawah akibat keguguran yang dialami. Namun, tetaplah optimis bahwa Anda akan segera hamil kembali. Teruslah berusaha dan carilah dukungan dari orang-orang terdekat, terutama suami. Tanpa Anda sadari, roda kehidupan Anda pasti akan segera bergerak ke atas lagi.

0 COMMENTS