Others

Kenali Sejak Dini Apa Itu Body Dysmorphic Disorder

2021-11-01
Body Dysmorphic Disorder adalah istilah yang masih sangat asing bagi sebagian besar orang pada umumnya.

Namun pada kenyataanya sebagian besar orang termasuk yang kita kenal atau kerabat atau diri sendiri, bisa saja mengalami kelainan ini.

Pernahkan Anda merasa  seperti ada yang kurang dari tubuhmu? seperti merasa hidung kurang mancung, badan kurang proporsional,  rambut terlalu tipis atau kekurangan lainya yang dialami dirasakan di tubuh Anda sehingga membuat menjadi tidak percaya diri atau depresi? Jika Anda pernah merasa demikian, maka hal inilah yang disebut dengan Body Dysmorphic Disorder (BDD).

Body Dysmorphic Disorder adalah kelainan mental dimana seseorang tidak bisa berhenti memikirkan kekurangan fisik yang dimilikkinya, walaupun pada kenyataanya kekurangan itu tidak ada. Ditambah lagi, mereka merasa kekurangan itu akan dicela oleh orang lain yang memperhatikanya sehingga mereka seringkali merasa depresi & menjauh dari situasi sosial. Pada umumnya, orang akan mengira jika BDD hanya dialami oleh kaum wanita. Namun nyatanya,  banyak wanita yang mengalami hal ini terutama pada masalah berat badan, dimana jika badan seorang wanita tidak sesuai dengan standar media sosial pada umumnya, hal tersebut menyebabkan mereka menjadi depresi berat.

Sementara itu, hal ini seringkali terlupakan atau bahkan tidak pernah dibahas adalah kaum laki-laki yang mengalami kecenderungan serupa. Sama halnya seperti wanita, laki-laki juga sering merasa bahwa fisik mereka memiliki kekurangan, terutama pada masalah tinggi badan yang kurang proporsional, otot yang kurang besar terutama otot perut (six pack) & alat kelamin yang dirasa tidak sesuai kriteria ukuran pada umumnya. Namun, hal yang menjadi permasalahan yakni bahwa pada laki-laki seringkali tidak mau mengakui bahwa mereka merasa terganggu dengan persepsi adanya kekurangan di fisik mereka atau bahkan berusaha untuk menyembunyikan depresi yang mereka alami, karena mereka tidak percaya diri dengan fisik mereka. Dengan alasan inilah mengapa hal ini hanya terlihat di kaum wanita & jarang terlihat di kaum laki-laki. Kelainan BBD sangat penting untuk diketahui atau dibicarakan secepatnya, karena jika terlambat dapat menyebabkan kegelisahan, depresi berat & dalam kasus yang lebih serius dapat menyebabkan kecenderungan untuk melakukan tindakan bunuh diri.

Penyebab kelainan BBD hingga saat ini belum diketahui penyebabnya. Namun, menurut para ahli kemungkinan besar penyebabnya adalah gabungan dari beberapa faktor, seperti riwayat keturunan penyakit kelainan BBD ini, kemudian juga adanya faktor abnormal  pada otak seseorang & efek dari pengalaman negatif yang dialami seperti bullying terhadap fisik mereka. Seseorang yang mengalami kelainan pada BBD akan selalu berusaha menyembunyikan fisik mereka, yang dianggap kurang atau pada kasus ekstrem, dapat melakukan prosedur kosmetik seperti suntik pelangsing, botox, filler, operasi plastik & berbagai macam prosedur kosmetik lainya.

Hal penting yang harus diingat adalah, bahwa BBD tidak akan sembuh dengan sendirinya. Biasanya kelainan ini bermula ketika di masa remaja seseorang. Dan pada saat inilah, diperlukan peran penting orang tua, kerabat & guru atau pembimbing  dengan cara memberikan jalur komunikasi yang  aman. Hal ini tentunya diperlukan, jika seorang remaja merasa tidak percaya diri dengan bentuk fisik mereka sehingga mereka akan selalu menyampaikan keluh kesah mereka tanpa harus khawatir jika di hakimi atau di bully. Dengan tindakan ini maka hal buruk dapat dicegah dan mereka juga akan mendapatkan bantuan yang di perlukan.

0 COMMENTS