Others

Kenapa Rambut Bisa Beruban?

2019-09-11
Sebenarnya apa yang menyebabkan rambut seseorang beruban? Benarkah karena faktor umur dan stres?

Kondisi rambut beruban biasanya dianggap karena faktor usia. Sebagian orang juga mengatakan adanya uban dikarenakan kondisi terlalu stres atau banyak pikiran. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan rambut seseorang beruban? Benarkah karena faktor umur dan stres?

Pada dasarya di sekujur tubuh terdapat folikel yang berfungsi untuk menumbuhkan rambut, warna atau sel pigmen yang mengandung melanin. Kemudian setelah beberapa waktu berlalu maka folikel rambut akan kehilangan sel pigmen yang menyebabkan rambut beruban (medical new today).

Lalu apa saja pemicu terjadinya uban? Uban merupakan karakteristik utama dari proses bertambahnya umur secara natural. Sehingga semakin bertambahnya umur maka sel pigmen akan kehilangan melamin yang mengubah warna rambut. Jika penyebabnya umur, mengapa tidak sedikit anak-anak muda sudah beruban? Hal tersebut disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin seperti B-12 yang dapat melemahkan sel rambut dan mempengaruhi produksi melanin. Selain itu faktor turunan dan merokok bisa menjadi pemicu adanya uban pada usia muda.

Menurut penelitian di tahun 2013 yang tertera di Italian Dermatology online journal, seorang perokok 2,5 kali lebih berisiko beruban lebih cepat sebelum umur 30 tahun dibandingan dengan seseorang yang tidak merokok. Penelitian di tahun 2015 di dalam Journal Of The American Academy Of Dermatology pun melaporkan hasil yang serupa. Selain itu, seseorang yang sering mengecat rambut dengan cat rambut dengan bahan dasar kimia atau bahkan shampoo bisa menimbulkan uban premature/ uban dini. Hal tersebut terjadi karena produk-produk tersebut mengandung bahan yang dapat mengurangi melanin.

Setelah mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan uban, adakah sesuatu yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses uban atau bahkan mengembalikan efek uban prematur? Untuk orang-orang yang beruban akibat faktor umur atau keturunan maka tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi uban tersebut. Sedangkan untuk faktor lain ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, teh hijau, minyak zaitun dan ikan.
  2. Memperbaiki nutrisi atau vitamin dalam tubuh. Sebagai contoh yaitu dengan mengonsumsi lebih banyak seafood, telur dan daging untuk mendapatkan lebih banyak vitamin B-12. Kemudian mengonsumsi susu atau ikan salmon untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D. Selain itu juga bisa dibantu dengan mengonsumsi suplemen tambahan.
  3. Hindari pengunaan cat rambut berbahan dasar kimia.
  4.  Hindari merokok karena merokok dapat mempercepat proses munculnya uban.

Setelah membaca informasi di atas semoga dapat menjawab pertanyaan seputar uban, terlebih terjadinya uban prematur. Tetap selalu konsumsi makanan sehat dan berolahraga agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit, ya!

0 COMMENTS