Mom & Kids

Cara Mudah Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak

2017-02-08
Cara mudah tingkatkan kepercayaan diri anak - Seiring dengan bertambahnya umur anak, Anda sebagai orang tua akan mengajarkan berbagai hal baru untuk membangun kebiasaan yang baik.

Namun, apakah Anda pernah berpikir untuk membangun kepercayaan diri pada anak? Jika Anda merasa anak Anda sering mengalami kesusahan atau merasa takut untuk mencoba hal baru, bisa jadi hal tersebut karena kurangnya rasa percaya diri yang dimilikinya, maka hal-hal ini harus Anda lakukan.

Cara Membangun Kepercayaan Diri pada Anak (Dijadikan subheading 2)

Membangun kepercayaan diri pada anak dapat dilakukan dengan bebagai cara mudah. Mungkin hal-hal sederhana seperti memberikannya pujian ketika ia berhasil melakukan sesuatu yang belum pernah ia lakukan sebelumnya belum pernah terbesit di pikiran Anda. Dengan mendapat pujian, Anak merasa ide dan usahanya dihargai sehingga ke depannya ia akan semakin giat untuk berusaha memberikan yang terbaik sebagai aktualisasi dirinya.

Cara meningkatkan kepercayaan diri pada anak yang lainnya misalnya dengan tidak menertawakannya ketika ia memberikan ide dan gagasannya. Walaupun mungkin idenya konyol, berusahalah untuk tidak tertawa karena hal ini bisa membuatnya trauma. Sekali anak ditertawakan atau dihina, ia akan merasa malu dan takut untuk menyuarakan pendapatnya lagi di lain waktu dan rasa percaya dirinya pun akan menurun.

Terakhir dan paling penting, buat anak Anda agar merasakan kegagalan. Mungkin pada awalnya anak akan merasa jengkel karena semua tidak semudah yang ia pikirkan. Tapi biarkanlah hal ini memicu tekadnya. Namun, jangan sampai membuat anak patah semangat. Jika Anda melihat anak mulai kehilangan minatnya untuk menyelesaikan suatu hal, tetap beri dia dorongan hingga ia bisa mengatasinya. Misalnya, melatihnya untuk bersepeda tanpa menggunakan roda samping. Hal ini mungkin akan susah, tetapi Anda harus bisa meyakinkannya bahwa ia bisa. Ketika sudah berhasil, maka ia akan merasa bangga dan berpikir bahwa ia bisa menaklukan kesulitan besar. Jika anak sudah paham akan kemampuan dirinya, ia akan semakin berani untuk mencoba hal lainnya.

Rasa Percaya Diri Membuat Anak Lebih Kreatif

Tak hanya untuk orang dewasa, kreativitas juga penting ditanamkan pada Anak sejak dini. Anak yang percaya diri akan semakin berani untuk berkreasi. Untuk itu, peran Anda sebagai orang tua adalah melatih kreativitasnya. Misalkan, ketika Anda mendekorasi ruangan, tanyakan padanya di mana sebaiknya aksesori tertentu dipasang. Atau ketika Anda dan keluarga selesai menonton film, tanyakan pada anak bagaimana sebaiknya ending yang lebih menarik dan apa yang membuatnya berpikir seperti itu. Dengan begitu, anak akan terdorong untuk memikirkan alternatif lain. Jika ia merasa bisa memberikan jalan keluar lain, maka ia akan merasa percaya diri dengan kemampuannya untuk memberikan solusi.

Membangun kepercayaan diri pada anak dapat berdampak pada perkembangan anak. Semakin anak Anda memilki rasa percaya tinggi yang tinggi, maka akan semakin ia merasa tertantang. Coba bayangkan jika anak senantiasa merasa takut, pastinya ini akan menghambat dirinya untuk mencoba hal-hal baru sehingga akan semakin tertinggal dari teman-temanya.

0 COMMENTS