Others

Kesulitan Memilih Pakaian untuk ABK atau Sulitnya Berpakaian bagi ABK

2021-08-18
Bagi sebagian besar orang memilih pakaian bukanlah masalah yang besar, mereka bisa memakai pakaian apa saja yang menurut mereka cocok untuk dipakai.

Untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) masalah ini menjadi lebih serius lagi karena sebagian besar ABK memiliki sensitivitas terhadap bahan pakaian tertentu yang dapat menyebabkan rasa yang sangat tidak nyaman bahkan bisa menyebabkan kesakitan yang luar biasa. Sebagian ABK yang lainya tidak menyukai sama sekali dengan adanya label di baju mereka. Jika ABK menanggalkan pakaian mereka dan kadang kala mereka melakukan ini di tempat umum, mereka melakukan ini karena alasan yang sudah disebutkan sebelumnya bukan tindakan memberontak atau melawan. Selain kesulitan untuk memilih pakaian yang cocok untuk ABK, ABK juga sulit belajar untuk mengenakan pakaian sendiri.

Berpakaian memerlukan berbagai macam keterampilan, proses sensori, perencanaan motorik, keseimbangan, keterampilan motorik kasar dan motorik halus. Sebelum memulai mengajarkan keterampilan berpakaian kepada ABK, hal pertama yang perlu dilakukan oleh keluarga ABK adalah mencari tahu baju tipe macam apa yang nyaman bagi mereka. Jika tag baju mengganggu mereka pastikan semua tag baju harus dibuang dulu. Setelah menemukan tipe pakaian yang nyaman bagi ABK, ajaklah ABK membeli pakaian sendiri dengan tipe pakaian yang mereka nyaman dikarenakan jika mereka menyukai desain baju yang mereka beli maka akan lebih mudah bagi ABK untuk merasa nyaman untuk memakai pakaian tersebut. Langkah berikutnya setelah menemukan pakaian yang cocok adalah mengajarkan ABK untuk mengenakan pakaian sendiri.

Sebelum memulai proses megajarkan ABK untuk mengenakan pakaian sendiri hal penting yang perlu diingat adalah jangan memaksakan ABK untuk mengenakan pakaian sendiri jika mereka belum siap. Jika ABK sudah siap untuk belajar menganakan pakaian sendiri maka ada beberapa langkah yang bisa kita ambil untuk mengajarkan keterampilan ini. Menggunakan lagu atau irama untuk mengajarkan ABK mengenakan pakaian sendiri adalah salah satu cara yang efektif. Hal ini dikarenakan ABK lebih senang menerima pelajaran jika mereka melakukan aktivitas yang mereka sukai seperti menyanyi dibandingkan dipaksa belajar.

ABK adalah visual learner di mana mereka lebih mudah belajar dengan gambar dibandingkan tulisan atau didikte. Menggunakan alat bantu gambar seperti flash card dapat membantu mereka belajar mengenakan pakaian sendiri. Menggunakan video atau menggunakan kaca untuk menunjukkan cara mengenakan pakaian sendiri juga dibuktikan sangat efektif untuk mengajarkan ABK mengenakan pakaian sendiri. Selain itu untuk membantu ABK mengetahui bagian kanan atau kiri saat mengenakan pakaian, tempelkan stiker berwarna untuk membedakan kanan dan kiri.

0 COMMENTS