Others

Keuntungan Dari Meditasi

2021-02-23
Di masa yang serba instan dan sibuk ini tidak sedikit orang yang mengalami depresi pada hidup mereka.

Banyak orang memakai beraneka ragam cara untuk mengurangi tingkat depresi mereka, mulai dari mencari hiburan, liburan, mengonsumsi alkohol sampai memakai narkoba. Akhir-akhir ini meditasi menjadi cara baru yang sedang populer untuk mengurangi stres. Sebetulnya meditasi bukan sesuatu hal yang baru, di berbagai macam agama mempunyai suatu bentuk meditasi dari sholat untuk agama Islam, meditasi untuk agama Buddha, berdoa untuk agama Hindu, Kristen dan lain-lainnya.

Menurut para ahli, meditasi diketahui dapat mengurangi tingkat stres, meningkatkan level konsentrasi, menurunkan tekanan darah, mengurangi gejala depresi dan kegelisahan serta banyak keuntungan lainnya. Keuntungan pertama menurut penelitian yang dilakukan Universitas Harvard menunjukkan peningkatan massa di bagian otak yang berfungsi untuk belajar, mengingat & pengendalian emosi pada mereka yang mengikuti program meditasi selama 8 minggu. Ini membuktikan mereka menjadi lebih fokus dan mudah berkonsentrasi. Keuntungan kedua dari meditasi adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Meditasi memudahkan seseorang untuk melakukan refleksi diri dan menemukan atribut-atribut positif yang ada di dalam diri yang sebelumnya tidak mereka ketahui, tanpa ada rasa takut dihakimi oleh orang lain. Sementara berdasarkan penelitian yang dilaksanakan oleh universitas Stanford pada tahun 2009, setelah menjalankan program meditasi selama 2 bulan didapatkan bahwa peserta studi dapat menurunkan kegelisahan serta meningkat rasa percaya dirinya.

Mengurangi stres adalah satu keuntungan lagi dari meditasi, dimana ditemukan pengurangan tingkat cortisol (stress hormone) seseorang karena saat melakukan meditasi maka mereka akan lebih tenang dan tidak stres. Penggunaan mantra yang berulang saat meditasi dapat menjauhkan pikiran kita dari hal-hal yang tidak berguna. Keuntungan lainnya adalah dapat mengontrol kegelisahan atau depresi. Meditasi dapat melatih pikiran kita untuk focus, sehingga kita tidak memikirkan hal-hal yang tidak perlu kita hiraukan yang jika dibiarkan akan menyebabkan depresi. Meditasi juga dapat membantu mengurangi gejala depresi seperti sulit tidur, kurang nafsu makan serta mood yang kurang enak.

Melawan adiksi atau kecanduan dengan cara meditasi adalah cara baru yang sudah banyak digunakan. Meditasi diketahui dapat mengubah reseptor otak yang menyebabkan adanya rasa candu terhadap alkohol atau narkoba. Meditasi dapat mengubah persepsi orang tentang kenikmatan sehingga mereka tidak lagi merasakan rasa enak dari mengonsumsi hal-hal yang membuat mereka candu. Mengurangi rasa sakit dengan meditasi adalah satu metode baru yang sedang dicoba. Tidak sedikit dari dokter dan juga ahli medis yang menyarankan untuk menggunakan meditasi agar rasa sakit dapat berkurang terutama bagi mereka yang sakit keras. Di tahun 2020 dilaksanakan penelitian yang diikuti oleh 6.400 orang, mereka menyatakan kalau rasa sakit mereka berkurang setelah menjalani operasi. Hal ini bukan berarti rasa sakit menghilang sama sekali, melainkan meditasi mengalihkan fokus mereka ke hal-hal lain agar tidak melulu fokus oleh rasa sakit yang mereka rasakan.

Meditasi pun dapat menimbulkan atau meningkatkan rasa kasih sayang serta empati seseorang. Hal ini membuat seseorang menjadi tidak mau menghakimi orang lain jika mereka melakukan hal yang tidak sesuai dengan pendapat kita. Jika seseorang ingin melakukan meditasi dapat dimulai dari meditasi atau cara berdoa sesuai agama kita masing-masing. Jika setelah melakukan hal tersebut masih belum juga puas maka bisa mencari tahu meditasi apa yang ingin mereka lakukan, namun pastikan cocok dengan kepribadian kita.

0 COMMENTS