Food & Nutrition

Keuntungan yang Tak Terduga dari Madu

2021-01-25
Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui kalau madu membawa banyak hal positif bagi kita.

Namun, yang mungkin tidak diketahui orang menurut penelitian terakhir adalah madu memberikan efek yang lebih positif dalam menghadapi penyakit infeksi saluran pernafasan atas dibandingkan dengan antibiotik.

Menurut penelitian yang sama, infeksi saluran pernafasan atas (Upper Respiratory Tract Infections/URTI) biasanya disebabkan oleh virus sehingga antibiotik tidak bisa meredakan penyakit tersebut dikarenakan antibiotik hanya berguna untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Walaupun banyak para ahli serta dokter yang sudah mengerti akan fakta ini, tetapi pada kenyataannya masih banyak dokter yang memberikan antibiotik untuk menyembuhkan penyakit infeksi saluran pernafasan atas. Hal ini dikarenakan belum ada alternatif yang baik bagi perawatan selain dengan antibiotik, ditambah lagi masih banyaknya pasien yang menginginkan diberikannya antibiotik ketika mereka mengalami penyakit infeksi saluran pernafasan atas.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, mengonsumsi antibiotik secara berlebihan bisa membawa efek negatif dimana seseorang bisa menjadi imun terhadap efek positif dari antibiotik. Di penelitian oleh Universitas Oxford ini juga dipelajari efek dari mengonsumsi madu. Mereka menemukan pada saat pasien mengonsumsi madu di saat mereka sedang sakit infeksi saluran pernafasan atas seperti flu, maka dapat mempersingkat waktu penyembuhan mereka lebih cepat 1-2 hari. Selain itu mereka juga menemukan disaat seseorang yang sakit batuk mengonsumsi madu, tercatat frekuensi dan tingkat keparahan batuknya justru jauh berkurang. Hal terakhir yang mereka temukan & yang paling penting adalah jika seseorang yang mengalami sakit infeksi saluran pernafasan atas mengonsumsi madu dibandingkan dengan antibiotik, maka mereka akan terlindungi dari efek negatif yang didapat dari mengonsumsi antibiotik berlebihan.

Ada beberapa keuntungan lainnya dari madu selain yang sudah disebutkan di atas, antara lain yaitu madu mengandung antioksidan yang tinggi dimana bisa melindungi tubuh kita dari risiko penyakit jantung. Keuntungan kedua dari mengonsumsi madu adalah selain mengandung zat anti-bacterial, madu juga mengandung zat anti jamur sehingga bisa digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur. Madu juga bisa digunakan untuk mengobati luka luar dikarenakan sangat efektif dalam membunuh kuman serta membantu proses saat penyembuhan dan menutup luka. Penting untuk diingat jika mengobati luka luar dengan madu maka harus dibawah arahan dokter atau rumah sakit karena madu yang digunakan sudah harus melalui proses sterilisasi.

Di dalam madu juga banyak terkandung zat Phytonutrient yang dapat meningkatkan imunitas tubuh kita serta sebagai perlindungan dari kanker. Madu juga diketahui dapat membantu mengurangi diare, walaupun penelitian lebih lanjut masih diperlukan tetapi madu sudah terbukti dapat membunuh bakteri Helicobacter Pylori (H.Pylori) yaitu bakteri yang menyebabkan luka di perut.

Walaupun madu mempunyai banyak sekali keuntungannya tetapi ada beberapa efek negatif yang patut diperhatikan. Hal pertama yang penting untuk diingat adalah jangan memberikan madu kepada anak berumur dibawah 1 (satu) tahun. Hal ini disebabkan madu mentah mengandung bakteri yang bernama clostridium botulinum, bakteri ini sangat berbahaya bagi anak berusia dibawah satu tahun. Mereka akan terinfeksi bakteri ini saat mengonsumsinya dengan beberapa gejala antara lain konstipasi, nafas anak melambat, tubuh terasa lemas, kehilangan kontrol pada kepala, kehilangan nafsu makan serta dapat terjadi kelumpuhan. Jika anak dibawah satu tahun mengalami salah satu gejala ini harus secepatnya dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat. Selain efek negatif pada anak dibawah usia satu tahun, risiko mengonsumsi madu juga bisa timbul pada orang dewasa. Biasanya jika orang dewasa keracunan madu maka mereka bisa mengalami diare, muntah-muntah yang diikuti dengan gejala yang lebih serius seperti pandangan kabur serta otot-otot melemah.

0 COMMENTS