Fitness

Tips Efektif Bagi Pemula untuk Lari Pagi

2016-12-24
Tips efektif bagi pemula untuk lari pagi - Hidup sehat mustahil dilakukan tanpa berolahraga. Salah satu bentuk olahraga simpel yang murah meriah tetapi bisa memberikan hasil yang pasti adalah olahraga lari pagi.

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukannya, tentu lari pagi menjadi hal yang malas untuk dilakukan, bukan?

Berikut tips lari pagi yang bisa Anda terapkan untuk membantu Anda membangun kebiasaan menyehatkan yang satu ini.

Janjian dengan Teman

Jangan berlari pagi sendirian. Jika perlu, buat janji dengan teman untuk bertemu di spot tertentu sebelum melanjutkan lari bersama-sama. Atau jika rumah Anda dan teman saling berdekatan, bisa langsung memulainya dari start awal. Ini akan memberikan motivasi yang cukup besar untuk bangun pagi. Anda tidak mau bukan jika teman Anda menemukan sunrise spot yang bagus untuk berfoto kemudian meng-upload-nya di media sosial sedangkan Anda harus menggigit jari karena melewatkan momen tersebut?

Siapkan Semua di Malam Hari

Dengan menyiapkan semuanya di malam sebelumnya, misalkan sepatu, kaus kaki, pakaian lari pagi, topi, botol minum dan sebagainya, maka waktu yang Anda butuhkan di pagi hari lebih sedikit dan Anda pun tak perlu tergesa-gesa. 15-20 menit yang Anda gunnakan untuk menyiapkan segalanya bisa Anda pakai untuk tidur lebih lama, bukan?

Tips Lari Pagi dengan Tidur Lebih Awal

Salah satu penyebab umum  seseorang gagal melakukan lari pagi adalah bangun kesiangan. Oleh sebab itu, penting untuk tidur lebih awal di malam hari. Usahakan Anda tidur ketika jam sudah menunjukkan pukul sembilan malam. Jangan tidur lewat jam sepuluh malam, karena selain membuat Anda sulit bangun lebih pagi, kebiasaan ini dapat memicu obesitas dan mengurangi kekebalan tubuh.

Bangun Kebiasaan Baik di Malam Hari

Setelah selesai pulang kerja, jangan membiarkan diri Anda terhanyut menonton televisi hingga larut malam. Ciptakan kebiasaan sehat dengan segera mandi sepulang kerja lalu menyiapkan makan malam. Anda bisa mengalokasikan satu jam untuk menonton televisi atau sekadar meregangkan otot dan pikiran sepulang kerja, yang penting Anda tidak tidur lebih dari jam sembilan malam.

Letakkan Alarm Jauh dari Tempat Tidur

Biasanya, alarm diletakkan di samping bantal atau di meja dekat tempat tidur sehingga Anda hanya perlu menggapainya dengan tangan untuk mematikannya. Rubahlah posisi alarm dengan meletakkannya di meja di dekat pintu asal jauh dari tempat tidur tetapi suaranya harus masih terdengar. Dengan begitu, saat alarm berdering Anda mau tidak mau harus bangun dan berdiri dari tempat tidur untuk mematikannya, bukan? Dengan berdiri dari tempat tidur akan sedikit merubah mood Anda dan Anda pun tidak merasa malas lagi untuk bergegas lari pagi.

 

Selain bisa membentuk otot dan membuat kaki lebih kuat, olahraga lari pagi juga bisa memberikan manfaat untuk jangka waktu yang lama, yaitu mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan berlari, akan melatih jantung untuk memompa darah lebih aktif sehingga bisa mencegah penyakit stroke. Selamat mencoba!

0 COMMENTS