Psychology

Cara Mengatasi Stress Kerja dengan Liburan Keluarga Tiap Tahun

2016-10-08
Cara mengatasi stress kerja dengan liburan keluarga tiap tahun - Rutinitas bekerja dari pagi hingga malam tentu bisa membuat Anda merasa stres.

Ketika hal tersebut terjadi, Anda tidak boleh membiarkannya begitu saja karena nantinya hanya akan berpengaruh pada produktivitas kerja. Kinerja Anda tidak akan maksimal dan bisa jadi hasilnya tidak sesuai rencana. Mengapa Anda tidak mengambil jatah cuti dan berkunjung ke tempat liburan keluarga?

Ajak keluarga Anda untuk berlibur bersama. Bahkan jika perlu, agendakan acara berlibur setiap tahun demi melakukan family time yang berkualitas di tempat baru. Manfaatnya bisa berdampak baik untuk mengatasi stres kerja Anda!

Mengembalikan Kebugaran Tubuh

Berjam-jam duduk di depan komputer tentu membuat tubuh terasa pegal. Anda mungkin tidak menyadarinya karena hal tersebut sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Tidak perlu berlibur ke tempat mahal. Liburan keluarga murah juga mampu mengembalikan kebugaran tubuh. Anda bisa mengajak keluarga berlibur ke pantai di kota terdekat. Di sana, Anda akan berjalan, bersepeda, atau berlari-larian dengan anak-anak sehingga tanpa disadari, sebenarnya Anda sudah melakukan olahraga. Tubuh pun akan kembali bugar dengan sendirinya.

Memberi Motivasi Tambahan

Dengan libur tahunan bersama keluarga, Anda memiliki kesempatan untuk merekatkan hubungan dengan mereka. Bercanda, mengobrol, dan bermain bersama akan meningkatkan kualitas hubungan di dalam keluarga. Hal tersebut akan membuat Anda semakin menghargai keluarga Anda, bahwa sesungguhnya kerja keras yang Anda lakukan selama ini hanyalah untuk membahagiakan mereka. Jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk untuk meningkatkan kinerja di kantor setelah pulang dari berlibur bersama keluarga nanti.

Menurunkan Ketegangan

Kondisi psikis kerap kali diabaikan karena tidak terlihat oleh mata. Padahal, dengan ritme kerja yang cukup tinggi, bisa jadi sebetulnya Anda merasa stres tanpa disadari. Beberapa gejalanya adalah perasaan lelah, tidak memiliki dorongan, tidak tertarik melakukan sesuatu, dan tidak antusias. Tapi, melalui liburan tahunan bersama keluarga, Anda bisa terhindar dari risiko tersebut.

Seorang peneliti bernama Mina Westman dan Dove Eden menemukan bahwa perasaan tertekan dalam 76 pegawai menurun signifikan selama liburan. Sebagai salah satu ide liburan keluarga, Anda bisa mengajak pasangan dan buah hati menginap selama beberapa hari di daerah pegunungan. Udaranya yang segar akan menyegarkan tubuh dan pikiran Anda.

Memicu Produktivitas

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa profesionalitas membutuhkan kreativitas agar produktivitas bisa maksimal. Namun, bagaimana Anda bisa menjadi kreatif apabila hampir setiap hari terkungkung dalam ruangan yang sama atau berada di lingkungan yang itu-itu saja? Ketika berlibur tahunan bersama keluarga, Anda bisa menyaksikan pemandangan yang berbeda. Melakukan pekerjaan yang sama setiap hari membuat otak menjadi kurang efisien sehingga ia membutuhkan stimulator untuk kembali prima. Hal-hal yang Anda alami selama liburan akan menjadi stimulator bagi otak untuk meningkatkan efisiensi tersebut.

 

Setiap keluarga pasti memiliki destinasi liburan favorit sendiri. Sebagai salah satu tips liburan keluarga, sebaiknya Anda mengikutsertakan mereka dalam menentukan destinasi yang hendak dituju untuk liburan. Mempersiapkan liburan bersama akan menimbulkan semangat. Semoga ketika pulang dari liburan keluarga nanti, Anda sudah jauh lebih fresh dan siap kembali menaklukkan berbagai tanggung jawab di tempat kerja.

0 COMMENTS