Food & Nutrition

Makanan Lebih Mahal Dijamin Lebih Sehat?

2019-09-11
Mendapatkan makanan yang lebih sehat biasanya memerlukan biaya yang lebih tinggi, mengapa demikian?

Saat ini begitu banyak merk yang menjual makanan dengan label makanan sehat, makanan organik atau berbagai pilihan makanan vegetarian. Namun dengan label makanan sehat seringkali dibandrol dengan harga tinggi/ mahal. Mengapa demikian?

Perlu diketahui sebelumnya, di belahan dunia manapun untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat biasanya memerlukan biaya yang lebih tinggi terutama di negara berkembang. Alasannya adalah biasanya untuk mengonsumsi makanan yang sehat diperlukan bahan makanan segar seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan daging yang segar (tanpa hormon atau obat-obatan). Sedangkan untuk mendapatkan material makanan berkualitas tinggi ini diperlukan proses yang tidak murah. Untuk buah dan sayuran dibutuhkan waktu dan proses penanaman tanpa pestisida. Sedangkan untuk peternakan diperlukan proses tanpa hormon atau obat-obatan, terlebih jika bahan makanan tersebut didatangkan dari proses import.

Lalu, mengapa kita harus menggunakan bahan makanan yang bebas pestisida dan obat-obatan untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat? Dengan mengonsumsi makanan tersebut maka asupan nutrisi dan rasa yang didapat akan lebih baik. Selain itu seseorang akan merasa cepat puas dalam mengonsumsi makanan, sehingga dapat mengurangi porsi atau frekuensi makan yang mungkin bisa menurunkan berat badan orang tersebut.

Perlukah seseorang mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk mendapatkan manfaatnya? Jawabanya paling sederhananya adalah tidak. Untuk mengurangi biaya kita bisa mulai dengan memilih bahan makanan tanpa pestisida dan obat-obatan produksi dalam negeri. Jika kita mempersiapkan makanan sendiri atau memasak sendiri pilihlah menu sehat yang bisa dibuat menggunakan bahan-bahan lokal atau menu-menu lokal sehinga tidak perlu menggunakan bahan-bahan import. Walaupun jika seseorang mengonsumsi jenis bahan makanan dengan pestisida dan obat-obatan kualitas nutrisi yang diterima tubuh masih sesuai dengan kebutuhan harian.

Tips lain untuk mendapatkan makanan kaya nutrisi tanpa harus mengeluarkan biaya besar adalah dengan memilih bahan makanan yang umum dan cenderung lebih murah. Sebagai contoh dalam memilih daging, pilihlah daging ayam terutama dada ayam. Selain lebih murah daging tersebut juga hanya mengandung sedikit lemak tidak baik. Tidak hanya ayam atau daging, ikan juga bisa menjadi pilihan. Pilihlah ikan tawar lokal seperti ikan lele atau jenis ikan tawar yang biasa dijumpai di pasar tradisional dibandingkan ikan impor.

Dengan tips ini diharapkan tubuh kita bisa mendapatkan nutrisi yang penting tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Kuncinya adalah hindari makanan olahan. Bisa dimulai mengonsumsi daging segar dan hindari makanan olahan seperti kornet, sosis dan sejenisnya. Kemudian jika ingin mengkonsumsi sayur segar hindari memakai saus salad olahan seperti thousand island atau sejenisnya.

0 COMMENTS