Food & Nutrition

Makanan yang Sehat Untuk Jantung

2017-01-24
Makanan yang sehat untuk jantung - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya.

Tak terlihat gejalanya, namun tiba-tiba saja penyakit itu muncul. Tidak heran bila penyakit jantung sangat ditakuti oleh banyak orang. Apakah Anda salah satu orang yang khawatir dengan masalah jantung? Jangan panik. Penyakit jantung dapat Anda cegah dengan mengonsumsi makanan sehat. Memperhatikan menu makanan sehat akan membantu Anda melengkapi nutrisi setiap hari serta memperbaiki kondisi jantung. Lalu, makanan apa saja yang tergolong sehat untuk jantung?

Makanan sehat untuk diet yang bagus untuk jantung

Menjaga kondisi jantung bisa dimulai dari menu makanan sehat dan bergizi. Bila Anda was-was dengan kondisi kesehatan jantung, maka berikut ini adalah makanan yang wajib Anda konsumsi sehari-hari.

Yogurt – Salah satu makanan diet sehat ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan gusi. Tanpa disadari, penyakit gusi mampu meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hampir 1.000 orang dewasa di Kepang menemukan bahwa orang yang selalu mengonsumsi produk susu, khususnya yogurt dan minuman yogurt, memiliki gusi yang paling sehat. Para peneliti yakin bahwa probiotik yang terkandung dalam yogurt mampu melawan pertumbuhan bakteri jahat dalam mulut.

Kismis – Mungkin Anda sering menemukan makanan sehat ini sebagai campuran kue atau roti. Antioksidan yang terdapat pada kismis mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit gusi. Selain itu, antioksidan pada kismis juga dapat mencegah inflamasi. Yang menarik, ada hubungan antara penyakit jantung dan penyakit gusi: inflamasi. Dengan kismis, Anda dapat melindungi gusi dan jantung dengan optimal.

Gandum utuh – Seseorang yang mengonsumsi gandum utuh cenderung memiliki kondisi yang stabil serta risiko penyakit jantung yang rendah daripada mereka yang tidak. Gandum utuh memiliki kandungan antioksidan, phytoestrogen, dan phytosterol yang aktif melawan penyakit jantung koroner. Selain itu, serat yang ada pada gandum utuh juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kacang merahMenu makanan sehat selanjutnya adalah kacang merah. Menariknya, Anda tidak perlu banyak-banyak mengonsumsi kacang merah, karena cukup ½ cangkir saja. Itulah mengapa kacang merah juga bagus sebagai makanan sehat untuk diet. Hal ini tidak lain karena serat mudah larut yang dikandung oleh kacang merah. Serat tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh sehingga mampu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Ikan – Konsumsi ikan dua kali atau lebih dalam seminggu mampu menurunkan risiko jantung koroner hingga 30 persen. Ikan yang berminyak, seperti salmon atau tuna, mengandung lemak omega-3 yang bagus untuk menurunkan tingkat trigliserida dalam darah, zat yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Omega-3 juga mampu menurunkan tekanan darah dan membantu mempertahankan ritme detak jantung yang normal.

Mengetahui menu makanan sehat akan membantu Anda untuk menentukan makanan yang sehat untuk jantung. Selain makanan, imbangi kesehatan jantung Anda dengan berolahraga yang rutin serta beristirahat yang cukup. Dengan begitu, keseimbangan metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik dan jantung pun bekerja lebih mudah.

0 COMMENTS