Food & Nutrition

Manfaat Cokelat yang Wajib Anda Ketahui

2017-01-20
Manfaat cokelat yang wajib anda ketahui - Anggapan bahwa cokelat tidak bagus untuk kesehatan sudah seharusnya dihilangkan dari benak banyak orang.

Pasalnya, bukan cokelat yang berbahaya, melainkan gula yang terkandung. Sebagian besar cokelat mengandung gula yang memiliki kalori cukup besar. Belum lagi kandungan lemak nabati yang sering kali digunakan sebagai campuran cokelat. Justru banyak manfaat makan cokelat yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi cokelat sehat.

Manfaat makan cokelat 

Banyak manfaat yang didapatkan ketika makan cokelat. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan cokelat yang wajib Anda ketahui.

Bagus untuk jantung dan sirkulasi darah - Mungkin fakta ini sudah sering Anda dengarkan dari orang sekitar. Namun sebenarnya, jenis dark chocolate adalah jenis yang dimaksud. Cokelat jenis tersebut mampu mengembalikan fleksibilitas pembuluh darah. Selain itu, kandungan dalam cokelat juga mampu mencegah sel darah putih menempel di dinding pembuluh. Kedua hal tersebut merupakan penyebab utama terhambatnya aliran darah yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

Mengurangi risiko stroke - Sebuah penelitian di Finlandia menemukan bahwa cokelat juga mampu mengurangi risiko stroke. Hal ini masih berkaitan dengan manfaat makan cokelat yang melancarkan sirkulasi darah dan menyehatkan jantung.

Kaya akan mineral - Untuk Anda yang butuh asupan mineral cukup banyak, khususnya untuk ibu hamil dan menyusui, cokelat hitam atau dark chocolate wajib untuk Anda konsumsi secara rutin. Dalam cokelat terkandung banyak jenis mineral seperti potassium, zinc, dan selenium. Menariknya, 100 gram dark chocolate (70 persen ke atas) mengandung 67% kebutuhan zat besi setiap harinya.

Menurunkan kolesterol jahat - Kandungan kolesterol jahat dari makanan berlemak memang sangat berbahaya, bahkan mengancam kesehatan jantung. Konsumsi kakao ternyata mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik sehingga risiko penyakit jantung dapat terhindarkan.

Bagus untuk kulit - Seperti yang diungkapkan sebelumnya, cokelat mengandung banyak mineral. Kandungan mineral tersebut mampu membantu melindungi kulit dari kerusakan. Anda juga dapat memanfaatkan cokelat ini sebagai masker. Manfaat masker cokelat adalah sebagai pelindung dari sengatan matahari yang ternyata dapat merusak kulit. Hal tersebut dimungkinkan karena kandungan flavonol yang ada di dalam cokelat.

Membantu menyeimbangkan berat badan - Bila banyak orang yang menganggap bahwa cokelat bikin gemuk, pendapat itu salah besar. Bukan cokelat yang menjadi penyumbang lemak terbesar, melainkan susu dan campuran lemak nabati yang jadi bahan pembuat cokelat. Justru cokelat dapat membantu Anda menyeimbangkan berat badan. Sepotong cokelat yang Anda lelehkan di lidah 20 menit sebelum makan malam akan memancing hormon dalam otak yang mengatakan bahwa Anda sudah kenyang. Hal ini tentu akan mengurangi jumlah makanan yang Anda konsumsi. Bila Anda melengkapinya dengan mengonsumsi sepotong cokelat lagi setelah makan, Anda akan terhindar dari keinginan snacking yang berlebihan.

Cokelat mampu menciptakan perasaan yang nyaman - Selain manfaat makan cokelat yang sudah disebutkan sebelumnya, ada satu hal lagi yang membuat cokelat sangat baik bagi kesehatan. Cokelat mampu membuat perasaan hati menjadi lebih baik. Cokelat mengandung phenylethylamine (PEA), yakni senyawa yang sama ketika otak Anda menciptakan perasaan sedang jatuh cinta. PEA akan membantu otak melepaskan endorphin.

Mengetahui manfaat makan cokelat akan membantu Anda menyadari bahwa tidak semua cokelat itu tidak baik bagi kesehatan. Namun satu yang perlu diingat, pilihlah cokelat yang sedikit mengandung gula dan lemak. Dengan begitu, manfaat cokelat di atas akan Anda dapatkan dengan mudah.

0 COMMENTS